get app
inews
Aa Read Next : Sempat Dilarang Sang Ayah Berjualan, Kini Bos Kapal Api Soedomo Miliki 14.000 Karyawan

Kisah Inspiratif! Dari Jualan Kopi Keliling Kampung, Soedomo Sukses Bawa Kapal Api ke Pasar Global

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 22:34 WIB
header img
Soedomo Mergonoto CEO Kopi Kapal Api. Foto Ist

SURABAYA, iNewsJatenginfo.id - Sukses Kopi Kapal Api menjadi brand kopi kemasan paling populer di tanah air tak lepas dari peran Soedomo Mergonoto. Tak disangka, CEO Kopi Kapal Api itu tenyata mengawali usaha warisan orang tuanya dengan menjadi penjual kopi keliling.

Soedomo lahir di Surabaya 3 Juni 1950 dari pasangan Go Soe Loet dan Poo Guan Cuan. Cikal bakal kerajaan usaha Kapal Api dimulai oleh Go Soe Loet, ayah Soedomo pada 1927. Ayah Soedomo memutuskan untuk memberikan nama Kapal Api karena erat dengan kenangan alat transportasi yang digunakan pria asal Fujian, China itu saat berlayar ke Indonesia.

Saat itu, Go Soe Loet dan dua saudaranya naik kapal api ke Hindia Belanda tahun 20-an. Di mana dia memulai usaha kopi itu dilakukan di rumahnya yang tidak terlalu besar, hanya berukuran 7 x 70 meter di daerah Pecinan, Surabaya.

Kopi Kapal Api Dijual Keliling Kampung hingga Iklan di Televisi

Soedomo diminta membantu orang tuanya mengurus usaha kopi keluarganya. Pada tahun 1967, dia mulai intens membantu mempromosikan dagangan sang ayah dengan menjadi sales keliling. Soedomo mengayuh sepeda onthel keliling kampung dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk mempromosikan kopi dagangan ayahnya.

Soedomo Mergonoto melihat peluang untuk memasarkan produknya agar lebih dikenal dengan memasarkannya di stasiun televisi yang pada saat itu media yang berkembang di Indonesia adalah TVRI pada tahun 1980.

Kapal Api menjadi satu-satunya perusahaan kopi yang memasang iklan di televisi. Berkat kejelian dan keberaniannya memasarkan produknya di televisi, pada saat itu mulai terjadi perkembangan pesat dalam perusahaannya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut