get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Ungkap DPR Setujui Anggaran Perlinsos 2024 Sebelum Pilpres dan Pemilu

Menkeu Minta Pertalite dan Solar Dikendalikan Supaya APBN Tidak Mengalami Tekanan

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 08:54 WIB
header img
BBM Pertalite (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, meminta PT Pertamina (Persero) segera mengendalikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, yaitu pertalite dan solar. 

Permintaan ini, disampaikan Menkeu karena tak mau APBN jebol untuk membayar subsidi pertalite dan solar yang penggunaannya tidak tepat sasaran. Pasalnya, APBN selama ini menjadi shock absorber untuk mengendalikan kenaikan harga BBM bersubsidi. 

"Anggaran subsidi untuk Pertalite dan solar subsidi itu, kita akan menghadapi tekanan dari perubahan nilai tukar dan deviasi harga minyak serta volume yang meningkat. Makanya saya minta Pertamina untuk mengendalikan konsumsinya, ini supaya APBN tidak mengalami tekanan tambahan," ungkap Sri Mulyani, dalam konferensi pers APBN KITA edisi Agustus 2022 di Jakarta, Kamis(11/8/2022). 

Dia mengungkapkan, konsumsi BBM jenis Pertalite hingga Juli 2022 sudah mencapai taraf mengkhawatirkan. Angkanya sudah menembus 16,8 juta Kiloliter (Kl) dari kuota yang ditetapkan tahun ini yakni 23 juta Kl. Sehingga, kuota BBM Pertalite tersisa hanya sebanyak 6,2 juta Kl.

Di sisi lain, angka konsumsi BBM jenis solar subsidi hingga Juli sudah mencapai 9,9 juta Kl dari rencana kuota tahun ini sebesar 14,91 juta Kl. Dengan angka tersebut, maka kuota yang tersisa hanya 5,01 juta Kl.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut