Logo Network
Network

Hebat! Purbalingga Ekspor Gula Kelapa Organik ke Malaysia

Elde Joyosemito
.
Kamis, 11 Agustus 2022 | 19:25 WIB
Hebat! Purbalingga Ekspor Gula Kelapa Organik ke Malaysia
Ekspor gula kelapa organik diberangkatkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dari halaman Pendopo Dipokusumo, Purbalingga pada Rabu (10/8/2022). (Foto iNewsPurwokerto/Elde Joyosemito)

PURBALINGGA, iNewsJatenginfo.id - Gula kelapa organik produksi Purbalingga menembus pasar Malaysia. Secara simbolis, ekspor diberangkatkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dari halaman Pendopo Dipokusumo, Purbalingga pada Rabu (10/8/2022).

Pengekspor Coconut Sugar Block merupakan kerja sama antara CV Bunga Palm Purbalingga kolaborasi dengan CV Maras Bekasi.

Kedua unit usaha itu bekerja sama untuk mengekspor gula kelapa organik berbentuk Coconut Sugar Block ke Malaysia. 

Bupati Purbalingga mengungkapkan ekspor ini menjadi penyemangat bagi eksportir lain di Purbalingga. Hal ini sekaligus menunjukan bahwa ekonomi Purbalingga kembali menggeliat saat pandemi Covid-19 melandai.

"Tentunya dengan pandemi Covid-19 yang mulai melandai kita bersyukur karena demand-demand gula kelapa organik ini mulai banyak dari berbagai negara,”jelas Bupati.

Menurutnya, gula kelapa organik yang diekspor kali ini sejumlah 20 ton atau senilai kurang lebih Rp500 juta. Produk tersebut merupakan haisl dari para penderas di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari. 

Dia berharap ke depan akan ada keberlanjutan dan diikuti permintaan-permintaan selanjutnya. Kegiatan ekspor seperti ini menurutnya harus terus didorong karena keuntungannya juga akan ikut dirasakan para penderes.

"Purbalingga memiliki kemampuan produksi gula kelapa sebanyak 9000 - 10.000 ton per tahun. Jadi bisa kita lihat, Purbalingga memiliki sekitar 5 ribu hektar lebih lahan tanaman kelapa dan ada 11 ribu lebih penderes,”kata dia.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini