get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Terima Barang Milik Negara untuk Revitalisasi Kota Lama

Tahun 2024 Kementerian PUPR Targetkan Akses Rumah Layak Huni Meningkat

Selasa, 09 Agustus 2022 | 22:19 WIB
header img
Kemen PUPR targetkan askes rumah layak huni meningkat di tahun 2024. Foto: Kementerian PUPR

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Akses rumah layak huni pada tahun 2024 ditargetkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat meningkat hingga 70 persen.

Sebelumnya pada tahun 2020 akses rumah layak huni hanya mencapai 56,7 persen. Pemerintah berharap adanya peningkatan tersebut dapat mengakses backlog dan meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan perihal kebutuhan masyarakat semakin banyak, maka memerlukan adanya tempat huni yang layak sebagai tumpuan hidup. 

"Dimana kebanyakan orang kini harus bekerja, belajar dan beribadah di rumah, maka kebutuhan akan rumah yang sehat, aman dan layak huni menjadi tumpuan dan memegang peranan penting," ujar Zainal Fatah dalam pernyataan tertulisnya dikutip iNews.id, Senin (8/8/2022).

Sejak tahun 2015 hingga akhir tahun 2021, setidaknya Kementerian PUPR telah membangun 6,7 juta rumah. Mewujudkan hal tersebut, Kementerian PUPR saat ini telah menyalurkan bantuan subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di antaranya melalui bantuan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan di mana pada tahun 2022 ini ditargetkan tersalur untuk 200.000 unit rumah. 

“Ada juga bantuan-bantuan yang sifatnya memberi subsidi seperti subsidi selisih bunga, subsidi bantuan uang muka, skema-skema ini terus kami lakukan,” jelasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut