get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Rizal Ramli Meninggal Dunia dalam Usia 69 Tahun

Penjual Es Krim Jadi Milyader, Ternyata Hanya Lulusan SD

Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:33 WIB
header img
Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang milyarder yang sukses dari berjualan es krim yang ternyata hanya lulusan SD. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang milyarder yang sukses dari berjualan es krim yang ternyata hanya lulusan SD. Kisah sukses Sanawi pengusaha sukses ini menarik untuk dibahas, bagaimana tidak pria yang kini menjadi miliarder itu merupakan seorang lulusan SD.

Ia berhasil mengembangkan es krim hingga sukses dan berkembang besar. Berasal dari keluarga kurang mampu, Sanawi mampu hidup sukses. 

Lalu apa saja kisah sukses Sanawi? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari berbagai sumber tepercaya. 

Anak Pengembala Sapi

Sanawi sendiri merupakan pria desa yang lahir di Blora, Jawa Tengah pada 1974. Ia berasal dari keluarga kurang mampu. 

Ayah Sanawi merupakan pengembala sapi yang hidup pas-pasan, ia tidak bisa baca apalagi menulis. Kondisi ini tidak berbeda jauh dengan Sanawi. 

Ia sempat dituding tidak punya masa depan, mengingat hingga remaja, Sanawi hanya mengikuti penerus ayahnya, yaitu bergembala sapi milik tetangganya. 

Merantau ke Jakarta

Pada umur 16 tahun, Sanawi dan tetangganya merantau ke Jakarta. Bermodal Rp7.500 hasil penjualan ketela. Ia nekat merantau. 

Namun sesampai di Jakarta, ia malah ditinggal tetangganya, sembari bersedih dan menangis ia kemudian kembali pulang ke Blora. 

Tekad kuatnya menggelora mendorong dirinya kembali ke Jakarta ia merantau sendirian dan berhenti di Terminal Pulogadung. Sempat bekerja sebagai kuli bangunan namun rupanya Sanawi gagal.

Tak putus asa, ia lantas berkeliling ke beberapa pemukiman menawarkan jasa mengecat rumah. Selama di Jakarta, Sanawi tidur serampangan, emperan toko, mushola, hingga beberapa tempat lainnya ia lakukan untuk melepas lelah. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut