get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Rizal Ramli Meninggal Dunia dalam Usia 69 Tahun

Bagi Orang Jawa Malam 1 Suro Miliki Kesitimewaan, ini Sejarahnya

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:04 WIB
header img
Ilustrasi malam 1 Muharram atau 1 Suro. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Malam 1 Suro pada kalender Jawa, bersamaan tahun baru Islam 1 Muharram. Bagi masyarakat Jawa, malam 1 Suro dianggap sebagai hari yang sakral dan keramat. 

Malam 1 Suro jatuh pada hari apa? Berdasarkan kalender Jawa, malam 1Suro jatuh pada hari Sabtu tanggal 30 Juli 2022 karena bertepatan dengan kalender Islam 1 Muharram.

Malam 1 Suro merupakan perwujudkan akulturasi dalam sistem kalender. Dikutip dari buku 'Sejarah' terbitan Yudhistira, kalender baru itu mulai berlaku pada tanggal 8 Juli 1633 bertepatan dengan 1 Muharram 1403 H.

Oleh karena itu, keistimewaan malam 1 Suro adalah bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Kemudian, kalender Jawa disesuaikan dengan nama-nama bulan dalam tahun Hijriyah.

Melansir buku 'Adiluhung' terbitan Danista Perdana, perayaan malam 1 Suro pada masyarakat Jawa di Surakarta (Solo) dilakukan dengan membawa kebo bule (kerbau putih) dalam arakan kirab. Kehadiran kerbau itu menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat.

Kemudian, bila di Yogyakarta, malam 1 Suro dirayakan dengan membawa benda-benda pusaka, seperti keris dalam arak-arakan kirab. Tradisi ini menitikberatkan pada ketenteraman batin dan keselamatan sehingga diselingi doa dalam ritualnya.

Demikian sejarah malam 1 Suro yang jatuh bersamaan dengan jatuhnya tanggal 1 Muharram atau Tahun Baru Islam.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut