get app
inews
Aa Read Next : Menang Pilpres 2024, Prabowo Subianto Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden Joko Widodo

Prabowo Disambut Gegap Gempita saat Hadiri 1 Abad Taman Siswa dan Beri Hormat Guru se-Indonesia

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:30 WIB
header img
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan hormat kepada para guru dan pamong Tanah Air pada saat menghadiri acara peringatan 100 tahun Taman Siswa. Foto : Ist

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan hormat kepada para guru dan pamong Tanah Air pada saat menghadiri acara peringatan 100 tahun Taman Siswa, di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (24/7). Prabowo disambut gegap gempita. 

 Taman Siswa adalah sebuah organisasi pendidikan alternatif yang didirikan oleh Suwardi Suryaningrat atau Ki Hadjar Dewantara.

“Saudara-saudara, saya mantan prajurit. Di tentara kita punya kebiasaan, memberikan hormat pada orang yang kita hormati. Izinkan saya memberi hormat kepada seluruh keluarga besar Taman Siswa, seluruh pamong, guru di manapun kau berada,” kata Prabowo seraya menegakkan badan dan memberikan penghormatannya, disambut seruan para peserta acara.

Prabowo dalam pidato yang disampaikannya pada acara tersebut mengatakan bahwa Ki Hadjar Dewantara adalah pahlawan yang hampir dilupakan oleh kita generasi penerus. Banyak yang kurang paham betapa besar jasa Ki Hadjar Dewantara kepada kemerdekaan Indonesia.

Prabowo mengingatkan bahwa Taman Siswa didirikan pada tahun 1922, jauh sebelum Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pada saat itu, Taman Siswa didirikan untuk melawan penjajahan.

“Taman Siswa ditakuti, ditakuti oleh Belanda. Taman Siswa didirikan dengan satu tujuan: Indonesia merdeka, dan sosok Ki Hadjar Dewantara mulai menanamkan pada seluruh bangsa Indonesia tidak mungkin Indonesia merdeka kalau rakyatnya tidak pintar, tidak pandai, tidak punya pendidikan. Tidak ada bangsa yang merdeka, tidak ada bangsa yang berhasil tanpa pendidikan yang berhasil,” kata Prabowo.

Prabowo pun mengatakan bahwa para guru adalah orang-orang yang memberikan kemerdekaan Indonesia, 

"Kalianlah yang menyiapkan generasi penerus, kalianlah yang akan merintis Indonesia makmur, Indonesia besar,” kata Prabowo.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut