get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Anggota Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024 Sudah Dibuka

Semarang Dinobatkan UI Green Metric sebagai Kota Terbaik di Indonesia

Jum'at, 22 Juli 2022 | 13:29 WIB
header img
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/9).

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Universitas Indonesia (UI) menetapkan Semarang sebagai kota terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian UI Green Metric. Penilaian dilakukan dengan mencakup enam variabel, yaitu penataan ruang, tata kelola air, tata kelola sampah/limbah, penggunaan energi terbarukan, manajerial akses mobilitas dan tata pamong/pemerintahan. 

Dari hasil pemeringkatan penilaian yang dilakukan, Kota Semarang kemudian berhasil menduduki peringkat pertama dengan penilaian tertinggi pada penataan ruang dan infrastruktur. Sehingga kemudian Kota Semarang dinobatkan sebagai yang terbaik mengungguli daerah-daerah lain di Indonesia seperti kota administrasi Jakarta Selatan, Kota Parepare, Kota Madiun, Kota Padang, dan Kota Kediri.  

Ketua UI Green Metric, Riri Fitri Sari menjelaskan, jika pemeringkatan dilandasi atas tiga pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas penataan ruang dan infrastruktur (16 persen), energi dan perubahan iklim (19 persen), tata kelola sampah dan limbah (19 persen), tata kelola air (15 persen), akses dan mobilitas (16 persen), tatapamong/governance (15 persen). 

Dia mengatakan, UI Green Metric tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Kabupaten/Kota terhadap keberlanjutan, namun mendorong seluruh masyarakat Kabupaten/Kota di Indonesia agar turut mendukung segala bentuk upaya peningkatan Kabupaten/Kota yang hijau dan berkelanjutan dengan endorsement dari pihak Kementerian. 

 Dia pun berharap UI Green Metric dapat digunakan sebagai sebuah dasar program berkelanjutan. “Semoga semangatnya terus menggema di kota dan kabupaten kita dan akan menjadi champion perubahan dan Indonesia akan semakin jaya,” kata Guru Besar UI ini.

Sementara itu, apresiasi untuk Kota Semarang dari Universitas Indonesia tersebut diterima langsung Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/9).  

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Universitas Indonesia kepada Kota Semarang. 

“Sejak awal saya meyakini alam yang kita nikmati hari ini bukanlah sebuah warisan, melainkan sebuah titipan yang harus kita jaga dan rawat untuk anak, cucu, dan cicit kita,” kata Hendi saat menerima penghargaan.  

“Maka terima kasih atas apresiasi ini, Ini bukan akhir dari rencana kita tapi adalah awal dari kegiatan pembangunan ke depannya,” ujarnya. 

Sebelumnya, sederet prestasi juga pernah diraih Kota Semarang di bawah kepemimpinan Hendi. Di antaranya Pelayanan Publik Terbaik dari KemenPAN-RB, Kota Pembangunan Terbaik dari Bappenas RI, hingga Kota Mahasiswa Terbaik dari UNJ.
 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut