get app
inews
Aa Read Next : Antibodi Masyarakat Indonesia Kebal Lawan Covid-19 Setelah Tembus 98,5 Persen!

Banyak Perusahaan Siap Beroperasi di KITB, Pemkab Batang Siapkan SDM Lokal

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:20 WIB
header img
Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Foto: Antara.

BATANG, iNewsJatenginfo.id – Pemkab Batang menyiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Salah satu caranya dengan memberikan pelatihan kerja. 

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, sebanyak 14 perusahaan dipastikan segera beroperasi pada pertengahan 2023, sehingga banyak membutuhkan tenaga kerja.

"Selama pembangunan pabrik yang akan membutuhkan waktu satu tahun, maka pemkab fokus untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk kebutuhan tenaga kerja di KITB," kata Lani Dwi Rejeki, Sabtu (9/7). 

Apalagi, Pemprov Jateng juga meminta pemkab agar lebih fokus mempersiapkan SDM lokal yang akan dibutuhkan oleh perusahaan di KITB.

"Oleh karena itu, saat ini kami mulai menginventarisasi dan koordinasi dengan pihak manajemen Kawasan Industri Terpadu Batang untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerjanya seperti apa," katanya.

Dikatakan, perusahaan di KITB dipastikan akan membutuhkan ribuan tenaga kerja dan disarankan agar pemkab mendahulukan tenaga kerja lokal.

"Kami sedini mungkin mempersiapkan sumber daya manusia yang siap bekerja. Jadi kita perlu data jumlah berapa calon pekerja yang sudah lulus pada tingkat SMA dan sarjana agar gampang memetakan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan," katanya.

Lani Dwi Rejeki memerintahkan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP) agar mempermudah perizinan pada inventor yang akan menanamkan investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang.

"Saya instruksikan pada DPMPTSP mempermudah perizinan pada investor. Namun demikian, semua dengan syarat harus sesuai peraturan perundang-undangan," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut