get app
inews
Aa Read Next : Heri Susanto: KTT G20 Tahun 2022 di Indonesia Jadi Momen Bersejarah

3 Agenda Dicanangkan Jokowi pada Pertemuan TIIWG G20 di Solo

Kamis, 07 Juli 2022 | 08:58 WIB
header img
Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia bersama peserta pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Kota Solo, Rabu (6/7/2022). Foto: ANTARA/Aris Wasita.

SOLO, iNewsJatenginfo.id - Pertemuan Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Kota Solo mendorong realisasi tiga agenda utama yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan diselenggarakan pada 5-7 Juli 2022. 

"Salah satunya bagaimana memperkuat infrastruktur kesehatan global," kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono pada pertemuan TIIWG G20 di Hotel Alila Solo, Rabu (6/7).  

Dua agenda yang lain adalah mendorong digitalisasi dan memastikan adanya energi transisi. 

Melalui pertemuan tersebut, negara-negara anggota G20 juga berupaya memastikan proses reformasi World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia bisa berjalan sesuai aspirasi para anggotanya, baik negara berkembang maupun tidak berkembang. 

"Tadi arahan dari pak Menteri Investasi (Bahlil Lahadalia) clear, bahwa ada kesamaan posisi di antara negara-negara, sama-sama punya suara, punya hak," katanya. 

Ia mengatakan, pertemuan negara-negara anggota WTO di Jenewa, Swiss beberapa waktu lalu memberikan hasil yang sangat baik dan sejalan dengan visi misi yang diusung di G20.

"Yakni dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat ada proses investasi berkelanjutan, memperhatikan aspek lingkungan, sosial. Kami memastikan adanya kesamaan pandangan sehingga ada komitmen mewujudkan apa yang diarahkan oleh presiden," katanya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut