get app
inews
Aa Read Next : Kasus PMK, Wiku Adisasmito: Saat ini Telah Teridentifikasi di 24 Provinsi

Mendekat Idul Adha, DPRD Kota Semarang Dorong Pemkot Atasi PMK Agar Peternak Tidak Rugi

Rabu, 29 Juni 2022 | 19:07 WIB
header img
DPRD Kota Semarang. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, DPRD Kota Semarang dorong pemerintah segera mengatasi kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) agar peternak tidak merugi. Sebab, pada Hari Raya Kurban kebutuhan hewan ternak meningkat dan para peternak memanen hasilnya.

Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Pertanian Kota Semarang agar mendapatkan vaksin yang memadai. Selain itu, pihaknya bersama Dinas Pertanian juga akan terus memantau perkembangan keberadaan hewan kurban menjelang Idul Adha.

“Kita akan melakukan kunjungan lapangan dengan dinas ke pasar-pasar hewan dan penjual kurban tiban. Menurut kabar masih ada beberapa dari mereka yang belum memiliki izin,” jelas Kadar Lusman seusai acara dialog interaktif dalam acara Prime Topic MNC Trijaya FM Semarang dengan tema 'Menyediakan daging dari ternak yang sehat' di Hotel Noormans Semarang, Selasa (28/6).

Politisi Partai PDI Perjuangan yang akrab disapa Pilus itu juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan keberadaan PMK. Menurutnya, berdasarkan penelitian hewan ternak yang terjangkit penyakit PMK aman dikonsumsi sepanjang memasaknya benar-benar matang dan prosedur pemotongannya aman.

“Harapannya supaya peternak ini tidak panik tidak khawatir dan masyarakat pun juga tidak ketakutan untuk mengkonsumsi daging, ternyata tidak ada resiko buat manusia,” ungkapnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut