get app
inews
Aa Read Next : Usai 4 Hari Hilang di Perairan Jepara, 3 Nelayan Asal Pemalang Ditemukan

Personel SAR Semarang Digembleng Melalui Latihan di Waduk Jatibarang

Jum'at, 24 Juni 2022 | 08:43 WIB
header img
Personel Kantor SAR Semarang saat latihan beregu pencarian dan pertolongan korban kecelakaan air di Waduk Jatibarang, Kamis (23/6). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Kantor SAR Semarang menggelar latihan beregu pencarian dan pertolongan korban kecelakaan air, Kamis (23/6). 

Latihan digelar di Waduk Jatibarang dan kantor SAR, guna meningkatkan kesiapsiagaan dan uji laik alat utama (alut) SAR.

"Kegiatan latihan beregu ini bertujuan untuk menguji prosedur, kesiapan personel Kantor SAR Semarang dan menguji kesiapan sarana dan peralatan pencarian dan pertolongan," kata Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto.

Dalam kegiatan yang diikuti 29 personel Kantor SAR Semarang, dilakukan simulasi pencarian dan pertolongan di Waduk Jatibarang, Semarang. 

Simulasi menggambarkan, kecelakaan kapal terbalik dengan lima person on boad (POB), dua orang selamat dan tiga korban lainnya masih dalam pencarian.

Dengan informasi tersebut, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Semarang Mulwahyono memberangkatkan dua SRU untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan disertai alut SAR air. 

Operasi SAR dengan metode penyisiran dengan perahu karet dan penyelaman sekitar tempat kejadian.

SRU 1 berhasil menyelamatkan satu korban selamat dengan kondisi tidak sadar dicurigai patah tulang belakang. Kemudian SRU dua berhasil mengevakusi satu korban kondisi selamat dan satu korban dalam keadaan meninggal dunia. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut