Setelah Ditutup Sementara 14 Hari, Tiga Pasar Hewan di Batang Kembali Dibuka

Suryono Sukarno
Pasar hewan di Kabupaten Batang yang kembali dibuka, Sabtu (4/6). Foto: Suryono Sukarno

BATANG, iNewsJatenginfo.id - Tiga pasar hewan di Kabupaten Batang dibuka kembali setelah ditutup sementara selama 14 hari oleh Disperindagkop dan UMK setempat. 

Sebelumnya, penutupan berlangsung mulai 21 Mei hingga 3 Juni 2022.

Ketiga pasar yang kembali dibuka yakni Pasar Hewan Batang (Sambong), Pasar Hewan Bandar dan Pasar Hewan Limpung. Pembukaan pasar hewan sudah mendapat persetujuan dari Dislutkanak Batang. 

“Hari ini kami membuka kembali tiga pasar hewan untuk beroperasi,” kata Kepala Disperindagkop dan UMK Kabupaten Batang, Subiyanto, Sabtu (4/6).

Pihaknya juga menyiapkan tim kesehatan hewan di setiap pasar. Ketika ada hewan yang akan masuk dengan kondisi sakit, maka akan diminta dibawa pulang kembali guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Disperindagkop dan UKM sebelumnya mengambil langkah penutupan ketiga pasar hewan setelah ada peningkatan kasus PMK di Kabupaten Batang. 

Munculnya PMK di Batang terjadi karena ada penularan dari sapi yang berasal dari luar daerah. 

Salah satu pendagang hewan Narto mengaku hari ini pertama kali berjualan kembali setelah 14 hari pasar ditutup karena kasus PMK. Dampak dari adanya PMK membuat harga kambing merosot turun. 

Setelah ada kasus PMK, dirinya menjual satu ekor kambing umur 1 tahun dengan harga Rp1,8 juta. Padahal biasanya bisa dijual dengan harga Rp2,2 juta. 

“Meskipun begitu saya tetap bersyukur mata pencaharian sebagai pedagang hewan kembali dibuka. Kemarin waktu ditutup, saya kesulitan mencari pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network