Saddam Menerima Gelar Kanjeng Raden Tumenggung Dari Keraton Surakarta Hadiningrat

Pradipta
Kanjeng Raden Tumenggung Saddam Wiryosenjoyo Hadinagoro di Sasana Narendra Keraton Surakarta Hadiningrat Solo Jawa Tengah. (Foto: IST)

SURAKARTA, iNewsJatenginfo.id -  Koordinator Teritorial Jawa DPP Perindo resmi menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung Saddam Wiryosenjoyo Hadinagoro di Sasana Narendra Keraton Surakarta Hadiningrat Solo Jawa Tengah, Sabtu (23/07/2024).


Gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian Indonesia. 

Presiden Pemuda Asia Afrika (Asian African Youth Government) juga dinilai sebagai pemuda yang mampu menjaga nilai-nilai luhur bangsa, bahkan bukan hanya melestarikan di dalam negeri tetapi juga di dunia Internasional. 

Saddam dikenal sebagai anak muda yang memiliki nasionalisme tinggi dengan setiap gerak langkahnya hanya diperuntuhkan untuk kemajuan bangsa dan negara, semata-mata untuk kepentingan nasional Indonesia.

Ketua Umum PB HMI periode 2018-2020 tersebut juga memiliki buku yang berjudul “Pancasila Ideologi Dunia: Sintesis Kapitalisme, Sosialisme, dan Islam” (2018) dan “Soft Diplomacy: Kaum Muda Indonesia” (2022)”. Buku ini dikonsumsi oleh banyak golongan termasuk generasi muda.

Pemberian gelar tersebut bertepatan dengan memperingati adeging Negari Surakarta Hadiningrat yang Ke-288 ditandai dengan 2 kegiatan. Pertama adalah doa bersama yang diikuti oleh Sentana dalem, abdi dalem dan pakasa dari berbagai daerah, kegiatan dimulai Pukul 19.30  diawali dengan doa oleh ulama kraton.

Setelah selesai dilanjutkan dengan acara wisuda kekancingan gelar kehormatan bagi penerima yang terdiri 2 bagian, wisuda sentana di kantor Kasentanan diikuti sekitar 20 orang, dilanjut wisuda abdi dalem dari pangkat mas Lurah sampai Bupati Anon diselenggarakan di Bangsal Smarakata yang diikuti 50-an abdi dalem diantaranya adalah Saddam. Hadir juga Drs. BRM Nugroho Iman Santoso (Cucu PB XI ) yang menjadi Ketua DPD Perindo Sukoharjo.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network