Inilah Figur Bambang Pacul yang Dinilai Pengamat Politik Paling Cocok Menjadi Gubernur Jateng

Pradipta
Bambang Wuryanto bersama Istri. (Foto: IST)

Profil Bambang Pacul

Keberadaan Bambang Pacul yang kerap diundang dalam berbagai diskusi politik, serta videonya kerap tersebar di berbagai media sosial mulai dari Facebook hingga TikTok, membuat banyak orang penasaran dengan dirinya. Banyak masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang rekam jejaknya, serta biodata dan profil dari Bambang Pacul.

Agar terang benderang, berikut kuasakatacom rangkumkan profil tokoh yang dianggap paling pantas jadi Gubernur Jateng ini, mulai pendidikan, keluarga, agama, dan keinginannya untuk politik Indonesia.

Bambang Pacul atau yang bernama lengkap Ir. Bambang Wuryanto, MBA adalah seorang politisi Indonesia yang lahir pada 17 Juli 1956. Dirinya mengawali kiprah politik saat bergabung dengan PDIP pada tahun 2000. Sejak tahun 2004, dia berturut-turut telah terpilih sebagai anggota DPR RI sebanyak 4 kali, mulai dari periode 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019, hingga 2019-2024.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Pacul mengawali karier di dunia politik dengan aktif di Badiklatpus DPP PDIP pada tahun 2000-2004. Setelah itu, Bambang pun dipercaya untuk menjadi staf ahli Fraksi PDIP di MPR.

Selain dikenal sebagai politisi PDIP yang menduduki jabatan di DPR RI, Bambang Pacul juga diketahui sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah.

Ia juga merupakan ayah dari Anggota DPD RI dari Casytha Arriwi Kathmandu yang merupakan anggota DPD RI periode 2019-2024 mewakili Jawa Tengah.

Asal Nama Pacul

Memiliki asli Bambang Wuryanto, lalu dari mana asal-usul hingga kini dirinya disebut sebagai Bambang Pacul? Nama Bambang Pacul dipanggil demikian karena latar belakang dari keluarganya yang bertani di desa.

“Kalau saya disebut Bambang Pacul karena ada di desa. Jadi kakek saya ini orang desa, itu biasanya kerja bertani, kemudian banyak yang bekerja ramai-ramai. Kemudian paculnya itu dibawa kalau pulang selesai kerja,” kata Bambang Pacul dalam suatu kesempatan mengenang asal-usul nama panggilannya itu.

Nama Lengkap: Ir Bambang Wuryanto, MBA

Nama Populer: Bambang Pacul

Tanggal Lahir: 17 Juli 1956

Agama: Islam

Profesi: Politisi

Masa Aktif: 2000-sekarang

Partai Politik: PDIP

Nama Istri: Sutarnii

Nama Anak: Casytha Arriwi Kathmandu

 

Riwayat Pendidikan Bambang Pacul

SDN Makam Haji (1971)

SMP N IX  Surakarta (1974)

SMA Negeri 1  Surakarta (1977)

Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (1988)

Universitas Pajajaran (1993)

Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network