Dokter Olahraga Ungkap Dugaan Kematian Zhang Zhi Jie saat Tanding Badminton

Ayu Utami Anggraeni
Hadir di Morning Update, Dokter Olahraga Ungkap Dugaan Kematian Zhang Zhi Jie saat Tanding Badminton (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kematian mendadak atlet muda asal China Zhang Zhi Jie saat bertanding badminton membuat publik bertanya-tanya, mengenai penyebabnya. Peristiwa tragis itu terjadi saat dia tengah menjalani laga ketiga antara China vs Jepang di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024).

Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, Zhang Zhi Jie tiba-tiba kolaps. 

Spesial kedokteran olahraga, Andi Kurniawan menduga penyebab kematian Zhang Zhi Jie diakibatkan henti jantung, karena Zhang Zhi Jie langsung kolaps. Namun untuk mengetahui penyebab lainnya diperlukan otopsi.

"Sebenernya penyebabnya sangat banyak kita tidak bisa menyebut satu-satu untuk memastikannya kita perlu otopsi," kata dokter Andi Kurniawan di Morning Update iNews, Rabu (3/7/2024).

"Tapi ketika henti jantung, kelistrikan jantung kita berhenti mendadak itu pasti ada penyebabnya," kata dokter Andi.

Dokter Andi menjelaskan, henti jantung bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Oleh sebab itu untuk meminimalisasi terjadinya henti jantung, Anda diwajibkan untuk mengetahui batasan diri dan kemampuan saat berolahraga.

"Sebenernya henti jantung ini bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja. Jadi penting buat kita kalau kita mau olahraga kita haris tahu kondisi tubuh kita," kata dr Andi. 

Caranya untuk mengetahui batas kemampuan tubuh kita, bisa dengan cara melakukan medical check up. "Kita harus melakukan medical checkup kita harus periksa kesehatan dan kita harus berolahraga sesuai dengan kemampuan kita," ujar dokter Andi.

Namun dari kejadian yang menimpa Zhang Zhi Jie, dokter Andi melihat masyarakat awam tidak terlalu melek dengan teknik CPR atau pertolongan pertama bantuan hidup dasar pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. 

Padahal CPR merupakan hal penting ketika ada seseorang yang mengalami henti jantung. "Dan yang paling penting kita sebagai orang awam pun kita haris tahu bagaimana kita melakukan bantuan hidup dasar atau CPR tadi itu karena penting," tutur dokter Andi.

Dengan dilakukannya CPR atau pijat jantung bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit. Saksikan terus Morning Update setiap Senin - Jumat pukul 07.00 - 08.00 WIB hanya di INews.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network