Seleksi Calon Anggota KPID Jateng Masuki Tahapan Tes Psikologi

Pradipta
Calon Anggota KPID Jateng Mengerjakan Soal Kompetensi Psikologi, di Ruang CAT BKD, Kompleks BPSDMD Jawa Tengah. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah kembali berjibaku dalam rangkaian tes seleksi. Sebanyak 43 peserta tes, mengerjakan soal kompetensi psikologi, di Ruang CAT BKD, Kompleks BPSDMD Jawa Tengah, Srondol, Selasa (2/7/2024).

Menurut Prof Budi Setyono selaku Ketua Tim Seleksi KPID Jateng, tahapan psikotes dilakukan untuk mengukur kapabilitas calon komisioner. Jika dinyatakan lolos, mereka harus melewati seleksi wawancara. 

"(Hasil tes) dikompilasi besrta komponen tes lain,  yakni tes CAT dan pada tanggal 8 Juli, akan wawancara dengan timsel soal kemampuan di bidang penyiaran," ungkapnya. 

Lepas dari tahapan wawancara, sebut Prof Budi, mereka akan dihadapkan pada jenjang fit and proper test, yang akan dilakukan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah. 

Ia berharap, para peserta yang nantinya lolos memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia penyiaran. Rangkaian tes kompetensi yang dijalani, dilakukan untuk memastikan kapabilitas, rekam jejak pendidikan, pekerjaan, dan psikologis calon komisioner.

Prof Budi menambahkan tes kompetensi untuk memastikan, mereka yang akan diusulkan di DPRD mempunyai kompetensi di bidang penyiaran, manajerial, wawasan, dan seterusnya. sehingga DPRD memilih calon KPID adalah mereka yang betul-betul memenuhi persyaratan. 

"Nanti mereka (anggota DPRD Jateng) akan memilih tujuh anggota KPID melalui proses di internal Komisi A," pungkasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network