get app
inews
Aa Read Next : Seleksi Calon Anggota KPID Jateng Masuki Tahapan Tes Psikologi

Calon Komisioner KPID Jateng Dicecar Lima Pertanyaan oleh Tim Pansel saat Jalani Tes Wawancara

Selasa, 09 Juli 2024 | 12:47 WIB
header img
Tes Wawancara untuk Calon Komisioner KPID Jateng. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsJatenginfo. id - Sebanyak 43 calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah mengikuti tahap seleksi wawancara, di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Senin (8/7/2024).  Satu persatu peserta dicecar pertanyaan oleh Tim Panitia Seleksi seputar integritas, wawasan kebangsaan, manajerial, penyiaran, dan seputar Jawa Tengah. 

Menurut Ketua Tim Panitia Seleksi Prof Budi Setyono, seleksi wawancara dilakukan untuk mengetahui kapabilitas calon komisioner. Setiap kandidat diberi waktu 5-10 menit untuk menjawab soal yang diberikan. 

"Dari situ kita bisa menilai kemampuan dari kandidat, terkait pertanyaan yang kita berikan," ujar mantan Wakil Rektor Undip tersebut. 

Ia mengatakan, dari 43 peserta yang ikut dalam tes wawancara akan dipangkas minimal 14 orang. Setelahnya, nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Komisi A DPRD Jateng untuk menjalani fit and proper test. Nantinya, hanya akan dipilih tujuh orang yang akan menjadi komisioner KPID Jateng periode 2024-2027. 

Prof Budi menambahkan, pada tes wawancara diberikan pula  pertanyaan seputar Jawa Tengah. Pengetahuan ini penting, karena sebagai anggota KPID Jateng, harus mampu mengemas regulasi yang sesuai dengan kondisi warga. 

"Sehingga ketika menjalankan tugas, sudah aware terhadap potensi persoalan tersebut, dan bisa mengantisipasi atau melakukan wacana atau frame yang sesuai tugas sebagai anggota KPID," terangnya. 

Ia juga menyampaikan, agar peserta yang tidak lolos tidak berkecil hati. Mereka bisa menggunakan potensinya pada kesempatan yang lain.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut