Inilah Perbedaan Preschool dan Daycare, Orang Tua Dapat Sesuaikan Kebutuhan Anak

Titi Sutinah Apridawaty
Beda preschool dan daycare akan diulas dalam artikel ini. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Beda preschool dan daycare akan diulas dalam artikel ini. Bagi masyarakat perkotaan, dua istilah tersebut tentu sudah tak asing lagi. Sama-sama menyediakan layanan pengasuhan dan stimulasi anak, preschool dan daycare sejatinya memiliki perbedaan yang mendasar.

Sesuai arti katanya, preschool adalah institusi prasekolah buat anak-anak. Sementara daycare merupakan tempat penitipan anak. Perbedaan di antara keduanya dapat dibagi dalam tiga hal yakni sebagai berikut.

Beda Preschool dan Daycare

1. Fokus dan Tujuan

Perbedaan utama antara tempat penitipan anak dan prasekolah terletak pada fokus serta tujuannya. Program penitipan anak umumnya kurang terstruktur, tanpa kurikulum khusus. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan lingkungan yang aman dan pengasuhan bagi anak-anak untuk bersosialisasi, bereksplorasi, serta terlibat dalam berbagai aktivitas.

Di sisi lain, prasekolah merupakan program anak usia dini yang menawarkan pendekatan pembelajaran terstruktur. Prasekolah harus mengikuti kurikulum berbasis permainan yang disetujui negara, dengan fokus pada akademisi. Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan anak-anak dengan keterampilan yang mereka butuhkan agar berhasil di sekolah dasar.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network