Berikut Adalah Tata Cara Lempar Jumrah bagi Jamaah Haji

Hantoro
Ilustrasi tata cara lempar jumrah bagi jamaah haji. (Foto: Istimewa/Kemenag.go.id)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Tata cara lempar jumrah bagi jamaah haji dibahas dalam artikel berikut ini. Jamrah atau jumrah memiliki beberapa arti: (a) batu kecil, (b) kumpulan batu, (c) kolam yang jadi sasaran pelemparan (kolam ini ada sejak tahun 1293 Hijriah). Jadi, jumrah itu sasaran dalam pelemparan yang saat ini berupa kolam.

Melontar pertama kali adalah lempar jumrah aqabah pada hari id. Tetapi jika seseorang melakukannya pada tengah malam bagian kedua dari malam id, maka demikian itu cukup baginya. 

Sedangkan yang utama adalah melontar jumrah aqabah antara waktu dhuha sampai terbenam matahari pada hari id. Tapi jika terlewatkan dari waktu itu, maka dapat melontar setelah terbenamnya matahari pada hari id. Caranya dengan tujuh kali melontar dengan membaca takbir setiap kali melontar.

Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut:

وَعَنْ جَابِرٍ ( قَالَ: { رَمَى رَسُولُ اَللَّهِ ( اَلْجَمْرَةَ يَوْمَ اَلنَّحْرِ ضُحًى, وَأَمَّا بَعْدَ ذَلِكَ فَإِذَا زَادَتْ اَلشَّمْسُ } رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Dari Jabir radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam melempar jumrah pada hari raya kurban saat waktu dhuha. Namun, setelah itu beliau melemparnya bila matahari tergelincir." (HR Muslim nomor 1299, 314)

Adapun melontar pada hari-hari tasyriq dilakukan setelah matahari condong ke barat (seusai dzuhur). Memulai dengan lempar jumrah ula yang dekat dengan Masjid Al Khaif sebanyak tujuh kali lontaran disertai takbir setiap melontar.

Kemudian lempar jumrah wustha dengan tujuh kali melontar disertai takbir di setiap kali melempar. Lalu lempar jumrah aqabah sebanyak tujuh kali lontaran disertai takbir setiap kali melontar.

Demikian itu dilakukan pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah bagi orang yang tidak mempercepat pulang dari Mina. Tapi bagi orang yang ingin mempercepat pulang dari Mina, maka hanya sampai tanggal 12 Dzulhijjah.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network