Panduan Sholat Jumat dari Adzan sampai Selesai Versi Muhammadiyah

Komaruddin Bagja
Urutan sholat Jumat dari adzan sampai selesai (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Urutan sholat Jumat dari adzan sampai selesai merupakan rangkaian ibadah yang penuh keberkahan dan memiliki kedudukan penting dalam Islam.

Sholat Jumat, yang dilaksanakan setiap hari Jumat menggantikan sholat Zuhur, adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki yang mukallaf.

Perintah Mengerjakan Sholat Jumat

Dilansir dari laman Muhammadiyah, perintah sholat Jumat berdasarkan surat Al Jumu’ah ayat 9-11:


يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوۡمِ ٱلۡجُمُعَةِ فَٱسۡعَوۡاْ إِلَىٰ ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَذَرُواْ ٱلۡبَيۡعَ‌ۚ ذَٲلِكُمۡ خَيۡرٌ۬ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ (٩) فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُواْ فِى ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُواْ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ كَثِيرً۬ا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ (١٠)  وَإِذَا رَأَوۡاْ تِجَـٰرَةً أَوۡ لَهۡوًا ٱنفَضُّوٓاْ إِلَيۡہَا وَتَرَكُوكَ قَآٮِٕمً۬ا‌ۚ قُلۡ مَا عِندَ ٱللَّهِ خَيۡرٌ۬ مِّنَ ٱللَّهۡوِ وَمِنَ ٱلتِّجَـٰرَةِ‌ۚ وَٱللَّهُ خَيۡرُ ٱلرَّٲزِقِينَ (١١

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah sebaik-baik pemberi rezki. (Qs. al-Jumu’ah, 62: 9-11)

Dari Thoriq bin Syihab ra. dari Nabi SAW bersabda: “Jumat itu kewajiban atas setiap Muslim dalam jamaah kecuali empat golongan, yaitu: hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang yang sakit”. (HR. Abu Dawud) (Adzahabi dalam Talkhis berkata: hadis ini shahih).

Urutan Sholat Jumat dari Adzan sampai Selesai

Ada sebuah hadis menjelaskan tentang sunnah-sunnah dari sebelum berangkat ke masjid untuk sholat Jumat.

وَعَنْ سَلْمَانَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَومَ الجُمُعَةِ ، وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ ، وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ ، أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيْبِ بَيْتِهِ ، ثُمَّ يَخْرُجُ فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ، ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ، ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الإِمَامُ ، إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الجُمُعَةِ الأُخْرَى )) رَوَاهُ البُخَارِي

Salman radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, bersuci semampunya, berminyak dari minyaknya, mengenakan wewangian dari rumahnya, kemudian ia keluar lalu tidak memisahkan antara dua orang yang sedang duduk, kemudian ia melakukan shalat sebagaimana yang telah ditetapkan untuknya, lalu diam ketika imam berbicara, melainkan diampuni baginya dosa-dosa yang ada di antara Jumat tersebut dan Jumat yang lain.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 883]

Persiapan Sebelum Sholat Jumat:

Mandi dan menggosok gigi.
Mengenakan pakaian terbaik dan bersih.
Menggunakan wewangian (sunnah).

Sesampainya di Masjid:

Sholat tahiyatul masjid (dianjurkan).
Duduk tenang menunggu imam.

Saat Khutbah:

Khatib naik mimbar dan memberi salam.
Adzan dikumandangkan oleh Muadzin.
Khatib berdiri untuk khutbah pertama.
Khatib duduk untuk jeda sebelum masuk khutbah kedua.
Khatib berdiri kembali untuk membacakan khutbah kedua.


Sholat Jumat:

Iqamah dikumandangkan.
Imam memimpin sholat Jumat 2 rakaat dengan bacaan jahr.

Setelah selesai Sholat Jumat

Membaca dzikir, doa dan sholawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa sallam

Urutan sholat Jumat dari adzan sampai selesai mengajarkan kita tentang pentingnya ketaatan dalam menjalankan ibadah. Setiap langkah dalam sholat Jumat, mulai dari adzan hingga salam akhir, bukan hanya sekedar rutinitas, tetapi merupakan simbol dari sikap hati yang tunduk dan patuh kepada pencipta.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network