Keajaiban Istighfar, Kajian Subuh Awali Bulan Puasa di Masjid Al-Istiqomah Tahunan

Muhammad Sayyidin Jaya Negara
Ustaz Asep Sutisna menjelaskan bagaimana Rosulullah, SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu beristigfar. Foto: Ist

iNewsJatenginfo.id - Bulan Ramadhan tahun ini 2024/1445 Hijriah tidak hanya sudah ditunggu-tunggu jamaah Masjid Al-Istiqomah, tetapi juga umat Islam di seluruh dunia . Bulan Ramadhan telah tiba, kajian usai salat subuh berjamaah dilanjutkan dengan kultum menjadi awal para jamaah Masjid Al-Istiqomah dan umat Islam lainnya mulai menjalankan ibadah puasa, 11 Maret 2024, bertepatan dengan  30 Syaban 1445  Hijriah.

Tampak para jamaah sudah memadati masjid untuk menambah amal ibadah di bulan puasa karena beribadah dalam bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dengan mengusung tema “Kekuatan Beristigfar”, Ustaz Asep Sutisna menjelaskan bagaimana Rosulullah, SAW. mengajarkan kepada kita untuk selalu beristigfar.

Mengutip QS. Nuh ayat 10-12, Ustaz Asep, pangggilan akrabnya menerangkan bahwa kita agar selalu memohon ampun kepada Allah, SWT.

“Maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu,” terang Ustaz Asep.

Lebih lanjut dikatakan bahwa ayat ini berceritera tentang kepedihan Nabi Nuh terhadap kaumnya karena dia mengeluh kepada Allah, SWT. sudah melakukan banyak hal untuk mengingatkan agar kembali kepada Allah, SWT. tetapi tetap tidak mau memohon ampun kepada Allah, SWT. Aku (Nabi Nuh) sudah bilang kepada mereka untuk minta ampun kepada Allah, SWT. karena sesungguhnya Allah, SWT. itu Maha Pengampun. Tetapi kaumnya tetap bersikukuh untuk tidak mau mohon ampun kepada Allah, SWT. 

Ditambahkannya bahwa inti utama dari ayat tersebut diatas adalah Allah, SWT. mengingatkan kepada kita selalu beristigfar untuk mohon ampun kepada Allah, SWT. tetapi juga memohon agar apa yang menjadi keinginan kita dikabulkan oleh Allah, SWT. Oleh karena kalau kita beristigfar, tidak hanya ampunan yang diberikan tetapi juga akan memberikan keturunan, memudahkan rejeki dan lain sebagainya.

Akhir kajian subuh, Ustaz Asep berpesan senantiasa untuk beristigfar kepada Allah, SWT.” Semoga dengan kita selalu beristigfar kepada Allah, SWT., insya Allah,  apa yang kita lakukan di dunia ini, mendapatkan berkah dari Allah, SWT.,” pungkasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network