UNNES Giat 7 Desa Malangan Adakan Masak Bersama, Dorong Persatuan dan Gotong Royong Masyarakat

Tim iNewsJatenginfo.id
Tim kelompok UNNES Giat 7 Desa Malangan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (31/12/2023). Foto: Ist

KLATEN, iNewsJatenginfo.id - Dalam rangka menyambut pergantian tahun baru 2024, tim kelompok UNNES Giat 7 Desa Malangan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyelenggarakan agenda memasak bersama warga sebagai upaya mendorong kesadaran akan pentingnya gotong royong dan persatuan yang berbasis nilai Pancasila, Minggu (31/12/2023).

Kegiatan tersebut menjadi agenda kolaborasi dengan pemuda-pemudi setempat yang terhimpun dalam Karang Taruna Dukuh Asri, Desa Malangan.

UNNES Giat merupakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Negeri Semarang yang mewajibkan mahasiswanya untuk terjun langsung ke tengah masyarakat dengan membawa tema atau misi tertentu. Dalam serangkai program UNNES Giat 7 Desa Malangan yang di selenggarakan pada Bulan November 2023 hingga Januari 2024 mengusung tema "Desa Penggerak Pancasila".

Ketua Karang Taruna Dukuh Asri, Taufik Zaenal mengatakan “Ide Kegiatan Memasak Bersama warga Dukuh Asri tersebut lahir karena berangkat dari fenomena hampir tidak pernah adanya kegiatan bersama yang melibatkan masyarakat banyak dalam menyambut gemerlap pergantian tahun baru,” tuturnya.    

Selain itu, tim juga memberikan sosialisasi pendidikan politik di masyarakat berbasis nilai Pancasila dengan mengangat tema “Menumbuhkan Kesadaran Partisipasi Politik Anak Muda dan Persatuan Masyarakat Menjelang Pemilu 2024 Berbasis Nilai Pancasila Sebagai Bentuk Gotong-Royong Demokrasi”, sebelum senam bersama seluruh partisipatif masyarakat dengan menggandeng ibu-ibu kader PKK setempat.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran “konten video kreatif Pancasila” yang dibuat oleh Karang Taruna Dukuh Asri yang berkolaborasi dengan kelompok UNNES Giat 7 Desa Malangan, dan ditutup dengan penerbangan lampion oleh seluruh warga masyarakat saat waktu tepat menunjukan Tanggal 1 Januari 2024 pukul 00.00 WIB.

Lurah Desa Malangan, Meilina Rahmawati mengugkapkan “Saya turut senang dan menyambut baik adanya inisiatif dari karang taruna dan teman-teman KKN UNNES Giat 7 dalam menyelenggarakan semarak menyambut malam pergantian tahun baru di Dukuh Asri, Desa Malangan. Selain dapat menjadi kesempatan warga masyarakat untuk guyub rukun, gotong royong, dan menjaga persatuan di masyarakat, besar harapannya juga hal baru seperti ini dapat dijadikan percontohan untuk Dukuh lainnya di Desa Malangan untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di lain waktu," ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network