Pemkab Kebumen Terima Bantuan Dana Rp11,8 Miliar Setelah Berhasil Kurangi Angka Stunting

Elde Joyosemito
Pemkab Kebumen menerima bantuan atau dana insentif fiskal tahun ini dalam kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat dari Kemenkeu sebesar Rp 11,8 Miliar. (Foto: Istimewa)

Bupati menyebutkan bahwa angka penurunan stunting di Kebumen pada Agustus 2023 (berdasarkan Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat) sebesar 11,9%, sedangkan pada tahun 2022, angka stunting di Kebumen mencapai 12,6%.

"Pencapaian ini tentunya berkat kerjasama semua pihak yang terus berupaya mengurangi angka stunting melalui program-program yang telah diluncurkan. Tentu saja, dana ini akan digunakan untuk lebih mengakselerasi penurunan angka stunting di Kebumen," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Jamal Darwanto, menambahkan bahwa penggunaan anggaran APBD Kebumen telah berjalan dengan baik, terutama terkait dengan Dana Alokasi Umum (DAU) Earmarked yang telah ditentukan penggunaannya.

"Contohnya adalah dana yang dialokasikan untuk infrastruktur, kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, termasuk penanganan stunting dan kemiskinan, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ini diluar anggaran untuk gaji pegawai," ujarnya.

Dalam hal penanganan stunting, penilaian juga melibatkan sejauh mana anggaran yang digunakan telah tepat sasaran, dengan mengukur efisiensi dan efektivitasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network