Polres Sukoharjo Siagakan Ratusan Personel Gabungan untuk Apel Pengamanan Pilkades

Nanang SN
Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Letkol Czi Slamet Riyadi memeriksa pasukan pengamanan Pilkades 2022. iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id – Mengantisipasi potensi kerawanan saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 13 desa di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) pada, 8 Desember mendatang, Polres Sukoharjo siap mengerahkan ratusan personel pengamanan.

Sebagai bentuk kesiapan para personel yang terdiri gabungan Polri, TNI, dan unsur dinas terkait itu, dihadirkan dalam gelar apel pasukan di halaman Kantor Pemkab Sukoharjo, Rabu (30/11/2022), dipimpin Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

"Kerawanan yang mungkin akan timbul saat Pilkades harus dapat diantisipasi oleh semua pihak dengan bekerja sama dan bersinergi dengan baik," kata Bupati, didampingi Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Letkol Czi Slamet Riyadi.

Ditegaskan Bupati, Pilkades yang digelar enam tahun sekali ini, merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis.

"Diperlukan langkah pengamanan yang nyata untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menambah rasa percaya diri masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara langsung, jujur dan rahasia," kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, TNI dan Polri memperkuat soliditas dan sinergitas guna mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai. Oleh karenanya netralitas perlu dijaga untuk menghindari tindakan yang dapat menciderai penyelenggaraan Pilkades itu sendiri.

Sementara Kapolres Sukoharjo menambahkan, untuk pengamanan jalannya penyelenggaraan Pilkades, pihaknya berkolaborasi bersama TNI dan juga Linmas.

"Nantinya, di masing-masing TPS akan ditempatkan petugas gabungan TNI/Polri dan Linmas untuk memberi pengamanan," kata Wahyu.

Dalam pengamanan Pilkades, lanjut Kapolres, akan dibuat rayonisasi pengamanan dalam tiga wilayah, yakni wilayah utara meliputi Kecamatan Baki, dan Kartasura, wilayah tengah Kecamatan Mojolaban, Polokarto, dan Bendosari, dan sektor selatan meliputi Kecamatan Nguter, Bulu, dan Weru.

“Untuk personel dari TNI/Polri sekira 500 orang dimana khusus Polri 350 personel. nanti masih dibantu Satpol PP dan juga Linmas. Semua wilayah diperlakukan sama dan nanti masih didukung personel cadangan yang mobile melakukan patroli memantau situasi," pungkas Kapolres.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network