Daya Tawar Muhammadiyah sebagai Civil society dan Tarikan Hegemoni Oligarki

Edi Sulton
Perhelatan besar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48 yang digelar sejak tanggal 18-20 November 2022 sudah usai. Foto: Ist

Kekuatan moral Muhammdiyah seharusnya mampu menjadi penyeimbang dan bahkan mampu menjadi warna bagi dominasi kekuatan oligarki baik ekonomi maupun Politik.

Prof. Zakiyyudin Rektor UIN Salatiga memberikan pandangannya, bila kekuatan pergerakan moral muhammadiyah ini benar-benar serius menjadi satu langkah secara bersama kolektif, maka menjadi keniscayaan Muhammadiyah menjadi kekuatan pilihan. Lanjut beliau, salah satunya adalah dengan mendominasikan kebaikan Muhammadiyah lewat kekuatan literasi dan media.   

Daya tarik kehadiran  para tokoh nasional memberikan bukti nyata adanya pengaruh berupa social impact yang kemudian menjadikan Daya tawar kultur sosial secara khusus bagi keberadaan Muhammadiyah saat ini dan yang akan datang.

Seluruh rangkaian kegiatan Muktamar terselesaikan dengan sukses. Prof.Haedar Nashir dan Prof. Abdul Mu’ti masih dipercaya oleh muktamirin menakhodai Muhammadiyah 2022 - 2027.

Selaku utusan Muktamar, saya merasa bangga dan senang menjadi bagian dari pergerakan Muhammadiyah.

Keharuan saya pecah di saat dapat melihat penampilan anak-anak yang sangat memukau, seperti penampilan para kader aisyiyah, HW, NA yang tergabung dalam paduan suara yang menyanyikan lagu Sang Surya, Mars Aisyiyah, Derap Berkemajuan, demikian juga dengan penampilan gerakan kolosal jurus pencak silat  TSPM, Marching band, tari kolosal dari 7 PTM, mereka sebagai kader Persyarikatan menunjukkan secara benar bahwa mereka berada dalam sistem pergerakan Muhammadiyah berkemajuan.

Disaat para bapak-bapak di pucuk pimpinan pusat sampai utusan dari daerah dapat duduk bersama di dalam majlis musyawarah tertinggi ini, menandakan adanya kesetaraan dalam peran menghidupi pergerakan Muhammadiyah ini.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network