BPOM Menyatakan Sudah Saatnya Indonesia Mandiri dalam Bahan Baku Obat

Dimas Choirul
Ilustrasi Obat. Foto: ist

Sebagai contoh, pada lokakarya pemanfaatan teknologi pengembangan obat dan vaksin Covid-19 untuk mendukung pembangunan ekosistem kemandirian obat dan vaksin dalam negeri di Jakarta pada Jumat (26/08/2022). BPOM memperkenalkan produk publikasi terkait obat, yaitu buku “Cerdas Cegah Obat dan Vaksin COVID-19 Ilegal atau Palsu” dan buku “Menjaga Integritas Rantai Suplai Vaksin COVID-19 di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian”.

Ke depannya dia berharap agar para peneliti dan mitra industri farmasi memiliki pemahaman terkait pemenuhan standar dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam penelitian dan pengembangan obat, meliputi Good Laboratory Practices (GLP), Good Manufacturing Practices (GMP), Good Clinical Practices (GCP), dan Good Submission Practices (GSubp). 

"Juga dapat terbangun komunikasi yang konstruktif dalam mendorong keberlanjutan pengembangan vaksin, termasuk Vaksin Merah Putih, serta penguasaan teknologi yang dapat digunakan untuk penelitian dan pengembangan obat dan vaksin beyond Covid-19,” tutupnya.
 



Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network