Efek Samping dari Obat Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

Diana Rafikasari
Beberapa obat mempunyai efek samping yang dapat menyebabkan menaikkan berat badan. Efek samping sendiri umum terjadi pada hampir semua jenis obat. Foto/Getty Images

JAKARTA, iNewsJatengnfo.id - Beberapa obat mempunyai efek samping yang dapat menyebabkan menaikkan berat badan. Efek samping sendiri umum terjadi pada hampir semua jenis obat. Yang kurang umum adalah efek samping yang dapat mempersulit pemulihan dari kondisi yang ingin Anda rawat.

Penyebab kenaikan berat badan bervariasi antara obat-obatan. Beberapa meningkatkan nafsu makan, menggoda Anda untuk makan lebih banyak, mengakibatkan beberapa kilogram. Orang lain mungkin memperlambat metabolisme Anda sehingga kalori tidak terbakar dengan cepat.

Obat tertentu dapat membuat tubuh menahan air. Meskipun ini tidak berarti Anda telah menambah lemak ekstra, itu akan membuat Anda lebih berat ketika menimbang. Dalam kasus lain, cara tubuh Anda menyimpan dan menyerap gula serta nutrisi lainnya mungkin terpengaruh.

8 Obat yang Punya Efek Samping Menaikkan Berat Badan

Berikut obat yang punya efek samping menaikkan berat badan dilansir dari AARP, Kamis (16/5/2024).

1. Obat Diabetes

Mempertahankan berat badan yang sehat adalah bagian penting dari perawatan apa pun untuk diabetes tipe 2. Tapi, beberapa obat yang diresepkan membantu mengelola kondisi ini sering mengakibatkan kenaikan berat badan. Misalnya, insulin suntik.

Hormon bekerja dengan membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa. Insulin menyebabkan lonjakan berat badan, bagaimanapun, ketika sel-sel menyerap terlalu banyak glukosa dan tubuh mengubahnya menjadi lemak. Tidak semua orang dengan diabetes tipe 2 menggunakan insulin. Tetapi insulin bukan satu-satunya pengobatan tipe 2 yang membawa efek samping ini.

Sulfonylureas (seperti glyburide, glipizide dan glimepiride) mengurangi kadar gula darah hingga 20 persen, tetapi mereka juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan rata-rata 4 hingga 5 pon. Itu karena obat tersebut merangsang sel beta di pankreas untuk melepaskan insulin.

2. Antidepresan

Jika Anda telah menggunakan antidepresan untuk sementara waktu dan telah menambah berat badan, itu bisa menjadi tanda peningkatan suasana hati jika penurunan berat badan adalah gejala depresi Anda. Kenaikan berat badan yang signifikan kemungkinan merupakan efek samping dari obat itu sendiri.

Terutama jika Anda menggunakan SSRI (selective serotonin upborbor), kelas antidepresan yang paling sering diresepkan. Ini karena SSRI, seperti paroxetine (Paxil), sertraline (Zoloft) dan citalopram (Celexa), bekerja dengan meningkatkan jumlah serotonin di otak, yang merupakan neurotransmiter utama yang terlibat dalam depresi.

Serotonin, bagaimanapun, juga terlibat dalam proses biologis dan neurotransmiter yang mengatur berat badan dan nafsu makan. Ada banyak reseptor serotonin, tetapi pada tingkat tinggi, mereka mengganggu proses ini. Namun, dengan banyak antidepresan generasi kedua yang lebih baru, seringkali tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Beta-blocker

Beta-blocker bekerja dengan memperlambat detak jantung, beban kerja jantung dan keluaran darahnya, yang semuanya menurunkan tekanan darah. Itu sebabnya obat ini sering diresepkan sebagai pengobatan untuk tekanan darah tinggi, angina dan detak jantung yang tidak teratur.

Jika Anda menggunakan beta-blocker, tidak ada yang harus memberi tahu Anda efek sampingnya termasuk kelelahan, insomnia, dan detak jantung yang lambat. Semua itu dapat menambah gaya hidup yang kurang aktif secara fisik, yang pada akhirnya dapat menambah berat badan ekstra.

Peningkatan berat badan sering terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah memulai mengonsumsinya seperti atenolol atau metoprolol. Ini karena perubahan metabolisme, sensitivitas insulin dan dampak pada metabolisme otot rangka.

4. Kortikosteroid Oral

Kortikosteroid oral termasuk prednison dan metilprednisolon diresepkan untuk segala hal mulai dari alergi parah dan ruam hingga rheumatoid arthritis. Obat ini menyebabkan efek samping yakni berat badan yang bertambah.

Ketidakseimbangan elektrolit menyebabkan retensi air. Steroid oral juga mengurangi sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang menyebabkan resistensi insulin. Ini, pada gilirannya, meningkatkan produksi hormon kelaparan ghrelin, yang merangsang nafsu makan.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, Umashanker merekomendasikan diet yang kaya akan makanan rendah glikemik seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian olahan minimal, susu rendah lemak dan kacang-kacangan. Semuanya dicerna dan diserap secara perlahan, menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang lebih lambat dan lebih kecil.

5. Obat Migrain

Jika Anda kelebihan berat badan dan menderita migrain, kelebihan berat badan membuat Anda berisiko lebih besar untuk migrain yang lebih sering dan lebih parah. Namun kenaikan berat badan adalah efek samping dari beberapa obat pencegah migrain, termasuk propranolol (Inderal) dan divalproex sodium (Depakote).

Menurut American Migraine Foundation, orang dengan berat badan sehat yang mengalami migrain memiliki sekitar tiga persen kemungkinan terkena sakit kepala kronis. Untuk orang yang kelebihan berat badan dan untuk orang dengan obesitas, kemungkinan migrain kronis tiga hingga lima kali lebih besar.

Jika Anda menggunakan obat pencegah migrain yang menyebabkan kenaikan berat badan, bicarakan dengan dokter tentang beralih ke obat yang berpotensi menekan nafsu makan. Seperti topiramate (Topamax), zonisamide (Zonegran) atau protriptyline (Vivactil).

6. Antihistamin

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi antihistamin secara teratur untuk mengobati alergi, misalnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Faktanya, cyproheptadine (Periactin) telah digunakan secara khusus sebagai stimulan nafsu makan untuk membantu orang menambah berat badan.

Antihistamin lain yang terkait dengan kenaikan berat badan termasuk cetirizine (Zyrtec), fexofenadine (Allegra) dan desloratadine (Clarinex). Pria yang menggunakan antihistamin memiliki berat rata-rata 97 kg versus 87 kg untuk mereka yang tidak menggunakan antihistamin, dan wanita memiliki berat rata-rata 79 kg pada antihistamin versus 75 kg untuk mereka yang tidak menggunakan antihistamin.

Histamin, bahan kimia dalam tubuh yang dikenal sebagai pemain kunci dalam respons alergi, mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi pusat kontrol nafsu makan di otak. Jadi masuk akal bahwa antihistamin akan memiliki efek sebaliknya, mengganggu sinyal kenyang yang berasal dari seluruh tubuh.

7. Obat Anti-epilepsi

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa orang dengan epilepsi berolahraga lebih sedikit dan cenderung mengalami obesitas bahkan jika kejang mereka terkendali. Kebijaksanaan konvensional menunjukkan bahwa ketakutan melakukan apa pun yang dapat memicu kejang akan menjelaskan mengapa orang dengan epilepsi kurang cenderung aktif secara fisik.

Tetapi obat anti-epilepsi telah terbukti memainkan peran penting. Di antaranya asam valproat (Depakene), gabapentin (Neurontin), pregabalin (Lyrica) dan carbamazepine (Carbatrol), yang mana semuanya terkait dengan kenaikan berat badan.

Jika Anda mengonsumsi salah satu dari ini dan mengalami kenaikan berat badan, bicarakan dengan dokter tentang kemungkinan obat alternatif. Seperti topiramate (Topamax) atau zonisamide (Zonegran), keduanya juga diresepkan untuk migrain dan terkait dengan penurunan berat badan.

8. Antipsikotik

Orang dengan gangguan kesehatan mental dua hingga tiga kali lebih mungkin mengalami obesitas daripada populasi umum. Tinjauan penelitian yang memeriksa obat antipsikotik menjelaskan mengapa sebagian besar obat tersebut menyebabkan kenaikan berat badan.

Selama pengobatan, sekitar 7 dari 10 pasien akan menambah berat badan dengan cepat pada periode awal setelah memulai obat-obatan ini, tetapi berlanjut dalam jangka panjang. Risikonya paling tinggi dengan olanzapine (Zyprexa) dan clozapine (Clozaril).

Lebih buruk lagi, jenis obat ini merusak fungsi glukosa dan meningkatkan kolesterol, serta trigliserida. Sehingga menempatkan pasien lebih berisiko mengembangkan sindrom metabolik, menurut tinjauan penelitian di Neuropsikiatri Penyakit dan Pengobatan.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network