get app
inews
Aa Read Next : Cape Heritage Museum Jadi Simbol Kedekatan Indonesia-Cape Town, Afrika Selatan

Tiga Kali Gagal Berangkat Haji, Mahmudi Penjual Gula Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

Minggu, 12 Juni 2022 | 17:55 WIB
header img
Ahmad Mahmudi (73), warga Desa Langkap, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga pasrah dan ikhlas kembali gagal berangkat haji tahun ini. Foto: Catur Edi Purwanto

Saat ditemui di rumahnya, kakek Mahmudi dengan raut wajah sedih menunjukkan perlengkapan menunaikan ibadah haji yang sudah lama dipersiapkan. Mulai dari kain ihram, jubah calon haji, hingga perlengkapan lainnya.

Hampir setiap hari, kakek Mahmudi selalu melihat lihat semua perlengkapan calon haji dan selalu berdoa agar dirinya bisa segera mewujudkan keinginannya menunaikan haji ke Tanah Suci. 

Kakek Mahmudi rencananya pergi ke Tanah Suci bersama sang istri. Namun istrinya telah dipanggil yang maha kuasa, sebelum keinginan naik haji bersama itu terwujud.

Meski batal berangkat haji tahun ini karena pandemi corona, dia tetap mempunyai semangat dan keyakinan agar tahun depan bisa berangkat ke Tanah Suci.

“Akan saya tunggu kapan berangkatnya. Saya sabar, memang semua itu kehendak Tuhan juga ini peraturan dari pemerintah. Mau gimana lagi saya gak bisa apa-apa,” kata Mahmudi, Sabtu (11/6).

“Sekarang kan batasannya 65 tahun, saya sekarang sudah 73. Jadi tidak ke bawa pada tahun 2022. Saya sudah tiga kali ini gagal (berangkat haji),” katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut