get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Rizal Ramli Meninggal Dunia dalam Usia 69 Tahun

Satgas : WHO Belum Resmikan Pandemi Covid-19 Berakhir

Jum'at, 03 Juni 2022 | 11:26 WIB
header img
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Kris

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) belum menyatakan pandemi Covid-19 berakhir. 

Meskipun, saat ini Indonesia telah memasuki dalam proses transisi menuju endemi Covid-19. Pemerintah juga melonggarkan aturan penggunaan masker di tempat terbuka. 

Namun, masyarakat sudah bertanya-tanya, apakah sudah saatnya membuka masker secara bebas dalam beraktivitas? 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito  menegaskan bahwa pemerintah Indonesia juga terus mempertimbangkan dinamika kasus Covid-19 secara nasional dan internasional dalam menentukan kebijakan selanjutnya.

“Dengan demikian, sebagai bagian dari dunia, diharapkan kepada masyarakat tetap melakukan upaya pengendalian salah satunya penggunaan masker,” kata Wiku dikutip dalam keterangan resminya, Jumat (3/6).

Disamping itu, dengan rendahnya penambahan kasus harian secara konsisten, maka jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit pun jauh berkurang. 

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan di tengah-tengah masyarakat, apakah biaya perawatan pasien Covid-19 masih ditanggung pemerintah?

Terkait hal ini, Wiku menegaskan kembali bahwa sudah ada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 104 Tahun 2020 yang mengatur hal ini.  

“Sampai dengan saat ini, berdasarkan kepmenkes RI Nomor 104 tahun 2020, menyatakan biaya perawatan Covid-19 masih ditanggung oleh negara,” pungkas Wiku.
 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut