get app
inews
Aa Read Next : Tengah Jalani Upacara Bendera, Puluhan Siswa di Sleman Kesurupan

Niat Berlibur di Jogja, Warga Kendari Malah Tewas Tenggelam di Embung UII

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:49 WIB
header img
Tim SAR mengevakuasi jasad korban yang tenggelam di Embung UII Sleman, Selasa (24/5/2022). (Foto: doc/Basarnas)

SLEMAN, iNewsJatenginfo.id - Pamit membeli tepung, Muh Afiq Rizky (20) warga Lepo Lepo-lepo, Baruga, Kendari Sulawesi Tenggara ditemukan tewas mengambang di Embung UII, Sleman, Selasa (24/5). 

Korban datang ke Yogyakarta bersama keluarganya untuk berlibur. 

“Korban kami temukan siang ini tenggelam setelah dilakukan pencarian sejak Minggu (22/5) malam,” kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta L Wahyu Efendi, Selasa (24/5). 

Menurutnya, pada Minggu (22/5) malam Basarnas mendapatkan informasi dari Kapolsek Ngemplak terkait adanya dugaan orang tenggelam di Embung UII. Malam itu juga diberangkatkan satu tim rescue dengan membawa peralatan selam dan water rescue. 

Setelah sampai dilokasi Tim SAR gabungan langsung berkordinasi dengan pihak Polsek Ngemplak  dan relawan. Selanjutnya dilakukan briefing dan pembagian SRU (Sar rescue Unit). 

Hari ini pencarian dibagi menjadi 3 SRU. Untuk SRU 1 memantau dari darat di sekitar embung. Sedangkan SRU 2 melakukan pencarian dengan Body Rafting di dalam embung dan SRU 3 Akan melaksanakan penyelaman di lokasi dekat dengan ditemukan sandal korban. 

Lantaran air cukup dalam upaya pencarian sulit dilakukan. Pengelola akhirnya mengurangi volume embung sehingga air menjadi surut. Saat itulah jasad korban kelihatan melayang di dalam air. Oleh SRU 2 kemudian dolakukan pencarian dan berhasil menemukan korban.
 
“Jasad korban kemudian dievakuasi ke RS Bhayangkara Polda DIY,” katanya.

Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto mengatakan, korban dan keluarganya datang ke Yogyakata untuk berlibur. 

Pada Minggu malam, sekitar pukul 22.11 WIB korban pamit membeli tepung di sekitar Jalan Kaliurang. Namun sejak saat itu korban tidak kembali. 

Keluarganya akhirnya melakukan pencarian dan menemukan sandal korban di tepi embung UII. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke polisi.  

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut