get app
inews
Aa Read Next : Simak Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2024

Mewujudkan Beasiswa Pendidikan Inklusif

Senin, 16 September 2024 | 19:34 WIB
header img
Ilustrasi Belajar. Sumber : Pixabay.com. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan memerankan posisi yang menetukan sejauh mana masa depan bangsa lewat generasi mudanya. Jika generasi muda mampu maksimal mendapati kesempatan pendidikan dengan baik. 

Artinya, dengan pendidikan yang baik ini, semacam ada jaminan dimasa mendatang, para lulusan terbaik pendidikan ini yang menjadi para petinggi penyelenggara negara dan menjalankan tugasnya dengan baik pula.

Namun, masalah - masalah tentang Pendidikan selalu ditemukan dalam proses penyelenggarannya. Salah satu yang paling pokok adalah tentang aksesbilitas Pendidikan. Hendak dimungkinkan sekalipun, persoalan pemerataan Pendidikan, kesempatan bagi golongan menengah ke bawah, sampai instrumen inti seperti kurikulum dan media pendidikan menjadi catatan yang acapkali menyertai kenyataan pendidikan kita.

Sebetulnya, ini memang bukan muncul dengan tiba - tiba, ada berbagai alasan yang melamar belakangnya. Luas wilayah negara kita yang membentang, perubahan kebutuhan pendidikan, kualitas sumber daya pendidik dan indikasi capaian pendidikan menjadi beberapa contoh. 

Dalam mengatasi ini, maka diperlukanlah solusi yang dilakukan, pemangku kebijakan seperti pemerintah yang mana tugasnya adalah memastikan terwujudnya pencerdasan kehidupan bangsa ini sudah harus mengeksekusi tanggung jawabnya.

Kebijakan Strategis

Kementerian Pendidikan, Kebudyaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai perwakilan pemerintah yang bekerja pada sektor pendidikan nampaknya mulai serius dalam memastikan penyelesaian masalah pendidikan. Bahkan, berbagai terobosan coba dibuat dan gerakan guna menjawab tantangan pendidikan di era digital sekarang ini. Merdeka belajar, menjadi satu skema besar kebijakan yang dilakukan. Merdeka belajar juga mencoba merubah konstruksi penyelenggaran pendidikan di Indonesia. 

Beasiswa pendidikan bagi generasi muda menjadi salah satu fokus yang dilakukan Kemendikbudristek. Pengadaan program Beasiswa seperti Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K), beasiswa Afirmasi, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), dan Beasiswa LPDP yang sudah populer menjadi beberapa gambarnya.  Hal ini tentu paling tidak memperlihatkan menunjukan keseriusan Kemendikbudristek dalam mewujudkan pemerataan Pendidikan bagi semua generasi pengurus kita. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut