get app
inews
Aa Read Next : Waspa! 7 Penyakit Ini Dapat Sebabkan Bau Mulut meski Sudah Sikat Gigi

Ketahui Penjelasan tentang Hemodialisis dan Cuci Darah

Jum'at, 26 Juli 2024 | 01:24 WIB
header img
Hemodialisis merupakan salah satu istilah dalam dunia kesehatan yang belum banyak diketahui orang. Istilah ini juga kerap dikaitkan dengan cuci darah. Foto/Medical News Today

Prosedur hemodialisis menghabiskan waktu sekitar 4 jam per sesinya. Dan prosedur ini perlu dilakukan secara rutin, setidaknya dua sampai tiga sesi setiap minggu. Anda bisa mendapatkan fasilitas ini di rumah sakit atau klinik cuci darah.

Tanda hemodialisa berhasil adalah ketika pasien bisa merasakan tingkat energi yang lebih baik, serta nafsu makan semakin tinggi.

Efek Samping Hemodialisis

Meski merupakan terapi medis, hemodialisis tetap memiliki efek samping bagi pasien. Dalam beberapa kasus, perawatan ini dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit dan kram otot.

Tidak hanya itu, terdapat risiko kemunculan efek lainnya, seperti infeksi pada tempat akses vaskular, kelelahan, higga hipotensi. Namun, sejauh ini hemodialisis adalah prosedur yang cukup aman untuk dilakukan dan jarang menimbulkan komplikasi tertentu.

Itulah penjelasan tentang hemodialisis atau cuci darah yang merujuk pada prosedur yang sama untuk mengelola gagal ginjal. Prosedur ini penting untuk membersihkan darah dari limbah dan cairan berlebih, mengatur keseimbangan elektrolit, dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang mengalami gagal ginjal.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut