get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Ini Alasan Kafiatur Baru Bisa Main di Laga Timnas Indonesia U-19 Vs Kamboja

Peringati Malam 1 Suro, Keraton Kasunanan Surakarta Gelar Kirab

Minggu, 07 Juli 2024 | 13:23 WIB
header img
Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) bakal menggelar kirab malam 1 Suro, Minggu (7/7/2024) malam. (foto Dok A,Antoni)

SOLO, iNewsJatenginfo.idKeraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) bakal menggelar kirab malam 1 Suro, Minggu (7/7/2024) malam. Kebo bule Kiai Slamet ditempatkan di posisi terdepan sebagai cucuk lampah dalam kirab pusaka tersebut.

“Tahun lalu ada 7 pusaka yang dibawa saat kirab, mudah-mudahan tahun ini lebih dari tujuh,” sebut salah satu panitia kirab malam 1 Suro Keraton Solo, KP Edhy Wirabhumi.

Sebelum prosesi kirab, sejauh ini Kebo Bule Kiai Slamet telah dikelilingkan di kawasan Baluwarti atau lingkungan sekitar keraton agar tidak kaget. 

Karena selama revitalisasi Keraton Solo yang kini tengah berjalan, Kebo Kiai Slamet tidak pernah keluar kandang. Biasanya, kebo selalu jalan-jalan di kawasan Alun-Alun Keraton.

Namun sejak 6 bulan terakhir, tidak pernah keluar dan baru dikeluarkan menjelang kirab. Rute kirab dimulai dari keraton menuju supit urang, kawasan alun-alun ke utara, perempatan Telkom ke kanan, Jalan Kapten Mulyadi, perempatan Baturono, Gemblegan ke kanan, Jalan Slamet Riyadi, masuk ke alun alun, pagelaran dan masuk ke keraton.

Kirab dijadwalkan berlangsung pukul 24.00 WIB tepat, dan diharapkan pukul 03.00 WIB telah selesai. Jumlah kerbau yang akan ikut jalan sebanyak 11 ekor. 

Melalui latihan kirab pada Jumat (5/7), nantinya akan diketahui apakah ada kerbau yang didrop atau tidak. Tidak semua kerbau bule milik keraton disertakan dalam kirab. Sebab beberapa di antaranya ada yang tidak akur dan berisiko berkelahi saat acara.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut