get app
inews
Aa Read Next : 4 Incumbent Ikuti Fit dan Proper Test, PDI Perjuangan Lebih Hati-hati

Obor Api Rakernas V PDIP Kembali Diberangkatkan Usai Bermalam di Panti Marhaen

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:58 WIB
header img
Sekretaris DPD PDIP Jateng H Sumanto menyerahkan obor api perjuangan kepada pelari yang akan membawa obor tersebut menuju ke Kota Pekalongan, Sabtu (18/5/2024).

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Setelah bermalam di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Panti Marhaen), pada Sabtu (18/5/2024) pagi pukul 06.30 WIB, obor api Rakernas V PDIP kembali diberangkatkan. Rombongan pelari pembawa obor, dilepas sejumlah pemimpin DPD PDIP Jateng yakni Sekretaris DPD PDIP Jateng H Sumanto dan Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng.

Ditemui usai melepas rombongan pelari, Agustina Wilujeng mengungkapkan dalam permulaan Rakernas V DPP PDIP mengambil tema "Api perjuangan nan tak kunjung padam". "Api tersebut diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan. Kemarin (17/5) prosesi pengambilan api sudah dilakukan," ucap Agustina Wilujeng.

Di Jawa Tengah ini, sambung Wakil Ketua Komisi X tersebut, api perjuangan itu akan melewati 11/kabupaten kota. "Sedangkan untuk menginap itu nantinyua diletakkan di kantor-kantor partai. Pertama di Panti Marhaen ini, kemudian kembali diinapkan di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pemalang

Api perjuangan itu bakal menempuh jarak sejauh 526 Km serta akan melintasi tiga provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Menurut Agustina Wilujeng, api perjuangan tersebut memiliki filosofi yang mendalam. "Karena diambil dari Api Abadi Mrapen yang merupakan simbol dari api yang tidak pernah padam, maka kami ingin membakar semangat kader PDI Perjuangan supaya tetap tidak padam berjuang untuk kepentingan partai," bebernya.

Agustina menambahkan api perjuangan tersebut dibawa lari oleh para atlet dan didampingi oleh para kader. "Ada berbagai pelari pfofesional yang kita rekrut, kemudian diikuti oleh pelari-pelari lokal di masing-masing kabupaten/kota. Yang disiapkan oleh DPP itu jumlahnya ada 30 orang, mereka akan melakukan lari secara estafet di seluruh rangkain kegiatan itu," ujarnya.

Agustiuna menambahkan rombongan pelari pembawa obor api perjuangan itu akan sampai Jakarta pada tanggal 22 Mei. "Mereka berangkat dari Mrapen tanggal 17 Mei dan akan sampai di Jakarta tanggal 22 Mei, jadi mereka lari secara estafet selama lima hari. Dan baru kali ini Rakernas, diawali dengan kegiatan lari membawa obor api perjuangan," pungkasnya.

Sebelum melepas obor api perjuangan yang hari ini akan menempuh perjalanan hingga Kota Pekalongan, DPD PDI Perjuangan mengadakan senam SICITA yang diikuti ratusan simpatisan dan kader partai. Para peserta senam SICITA tampak antusias mengikuti kegiatan itu, bahkan mereka datang sejak pagi sekali.

Untuk diketahui, Rakernas V PDI Perjuangan yang akan diadakan Beach City Internasional Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 24-26 Mei. Rakernas tersebut mengangkat tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang", dengan sub tema "Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya".

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut