get app
inews
Aa Read Next : Pemrov Jateng Perluas Lahan Tanaman Sorgum Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Dataran Tinggi Dieng Diajukan Sebagai Geopark Nasional

Senin, 22 April 2024 | 17:39 WIB
header img
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat acara Peringatan Hari Bumi Tahun 2024 di Taman Syailendra, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo pada Senin, 22 April 2024. Foto: Ist

WONOSOBO, iNewsJatenginfo.idPemerintah Provinsi Jawa Tengah mengajukan Kawasan Dataran Tinggi Dieng sebagai sebagai Geopark nasional

"Saat ini kita sedang terus melakukan proses untuk menaikkan grade pada Dieng ini. Insyaa Allah dalam waktu dekat akan naik menjadi geopark yang tingkatannya nasional," kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana saat acara Peringatan Hari Bumi Tahun 2024 di Taman Syailendra, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo pada Senin,  22 April 2024. 

Nana mengatakan, status Dataran Tinggi Dieng saat ini masih geo-heritage. Dalam rangka mewujudkan pelestarian geologi, keanekaragaman hayati, dan budaya, perlu dilakukan upaya konservasi berkelanjutan. Maka, pengembangan Dieng menuju status geopark nasional saat ini terus diupayakan. 

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi dataran tinggi Dieng bisa menjadi geopark nasional. Antara lain Dieng memiliki keindahan geologi dengan terbentuknya Dieng Planet, memiliki keragaman geologi, mulai dari kawah, telaga, hingga panas bumi, dan Dieng juga punya keanekaragaman hayati flora dan fauna. 

Selain itu, Kawasan Dieng juga dianggap daerah ekologi penting,  karena punya daya tarik wisata. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut