get app
inews
Aa Read Next : Polisi Amankan Seorang Perempuan di Jepara Lantaran Buang Bayi yang Baru Dilahirkan

Inspiratif, Sejarah dan Biografi RA Kartini Pahlawan Emanispasi Wanita Indonesia

Senin, 22 April 2024 | 00:55 WIB
header img
Sejarah dan biografi RA Kartini pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki. (Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Sejarah dan biografi RA Kartini pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki menarik diulas. Setiap tanggal 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini

Tujuan dari peringatan Hari Kartini adalah untuk menghormati perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan kesetaraan khususnya di bidang pendidikan dan kesetaraan gender di semua bidang. 

Biografi RA Kartini 

Perempuan dengan nama Raden Adjeng (RA) Kartini itu lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada  21 April 1879. Dia merupakan seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. R.A Kartini dikenal sebagai penggagas atas kebangkitan perempuan pribumi agar setara dengan laki-laki.

R.A Kartini merupakan keluarga bangsawan dari Jawa. Itulah sebabnya gelar Raden Adjeng alias R.A disematkan padanya. Sesuai adat jawa yang masih melekat, gelar bangsawan ini kemudian diganti menjadi Raden Ayu saat ia menikah. Ayah Kartini bernama Raden Adipati Ario Sosroningrat putra dari Pangeran Ario Tjondro IV. Ibunda dari Kartini bernama M.A Ngasirah. 

R.A Kartini merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara (saudara kandung dan saudara tiri) ,namun Kartini adalah anak perempuan tertua dari semua saudara sekandungnya. Karena pemikiran kakeknya lebih terbuka saat itu, maka Kartini diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan di sekolah di ELS (Europese Lagere School) saat usianya 12 tahun. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut