get app
inews
Aa Read Next : BPS Ungkap Penyebab Inflasi RI April 2024 Tembus 0,25 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Jateng 4,98 Persen, Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:32 WIB
header img
Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menyebut pertumbuhan ekonomi Jateng pada 2023 mencapai 4,98 persen.

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menyebut pertumbuhan ekonomi Jateng pada 2023 mencapai 4,98 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah tahun 2023 tetap mampu tumbuh sebesar 4,98 persen, di tengah ketidakpastian ekonomi global,” kataKepala BPS Jateng Dadang Hardiwan, saat rilis Potret Pertumbuhan Ekonomi Jateng tahun 2023, di aula Kantor BPS Jateng, Jalan Pahlawan, Senin (5/2/2024) sore dikutip dari jatengprov.go.id.

Menurutnya, seluruh kategori lapangan usaha dan komponen pengeluaran menunjukkan pertumbuhan positif. Ekonomi Jateng pada 2023 didorong oleh tiga lapangan usaha dominan, yaitu industri pengolahan, konstruksi dan perdagangan. Hanya kategori pertanian mengalami perlambatan ekonomi, karena adanya cuaca ekstrem (el nino).

“Empat ini (industri pengolahan, konstruksi, perdagangan, pertanian) sampai 70 persen yang memberikan kontribusi ekonomi Jawa Tengah. Berikutnya adalah, ekonomi khususnya di sektor pertanian memang tumbuh, tapi lambat karena memang dampak kekeringan, el nino,” sambung Dadang.

Ia menambahkan, situasi ekonomi global juga memengaruhi ekonomi Provinsi Jawa Tengah. Adapun ekonomi Jawa Tengah pada triwulan IV-2023 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 4,73 persen. Sementara, lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan siginifikan antara lain pengadaan listrik dan gas, informasi dan komunikasi, serta jasa lainnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut