get app
inews
Aa Read Next : Antusias Anak-anak Ikuti Penyuluhan Pendidikan Agama Islam dan Akhlak di Perumahan Sosial Argopuro

Penyuluhan Penggunaan Tanaman Obat untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Degeneratif pada Lansia

Kamis, 01 Februari 2024 | 01:48 WIB
header img
Apt. Ikrima Khaerun Nisa, M.Pharm. Sci, dosen STIKesMu Tegal, menggelar kegiatan penyuluhan di Desa Kalibakung. Foto: Ist

BALAPULANG, iNewsJatenginfo.id - Guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran lansia terkait pencegahan serta pengobatan penyakit degeneratif, terutama hipertensi dan diabetes melitus, Apt. Ikrima Khaerun Nisa, M.Pharm. Sci, dosen STIKesMu Tegal, menggelar kegiatan penyuluhan di Desa Kalibakung. Sasaran kegiatan ini adalah lansia yang berdomisili di Desa Kalibakung.

Apt. Ikrima menyampaikan materi terkait berbagai tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan lansia, khususnya hipertensi dan diabetes melitus. Penyakit-penyakit tersebut kerap kali menimpa lansia, dipengaruhi oleh faktor usia dan kebiasaan buruk seperti merokok, kurang berolahraga, dan pola makan yang tidak sehat.

Dalam penyuluhan ini, Apt. Ikrima menekankan bahwa tanaman obat dapat menjadi terapi komplementer yang efektif untuk pencegahan dan pengobatan penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Peserta kegiatan, yang mayoritas adalah lansia Desa Kalibakung, terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti penyuluhan.

Sejumlah peserta menyampaikan pertanyaan terkait tanaman-tanaman di sekitar rumah mereka, yang belum mereka ketahui manfaat kesehatannya. Hal ini memicu ketertarikan narasumber untuk lebih mengeksplorasi dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai tanaman obat yang ada di masyarakat, khususnya di Desa Kalibakung.

Melalui kegiatan ini, para lansia di Desa Kalibakung diharapkan dapat lebih memahami cara pemanfaatan tanaman obat yang ada di sekitar rumah mereka untuk pencegahan dan pengobatan penyakit degeneratif, terutama hipertensi dan diabetes melitus. Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan lansia, serta mendorong mereka untuk aktif menjaga kesehatan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar mereka. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut