get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idul Adha, Disnakkan Boyolali: Lalu Lintas Hewan Antar Provinsi Harus Punya SKKH

Disnakkan Boyolali dan PDHI Adakan Pemeriksaan Hewan Gratis

Selasa, 23 Januari 2024 | 19:56 WIB
header img
Baksos pemeriksaan dan pemberian obat cacing bagi hewan kesayangan seperti anjing dan kucing secara gratis. Foto: Ist

BOYOLALI, iNewsJatenginfo.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat bekerjasama dengan Persatuan Dokter hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Jawa Tengah Cabang IV menggelar bakti sosial (baksos) pemeriksaan dan pemberian obat cacing bagi pet animal (hewan kesayangan) seperti anjing dan kucing secara gratis. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Disnakkan Kabupaten Boyolali akin pekan lalu.  

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan hewan (Keswan) Disnakkan Kabupaten Boyolali Afiany Rifdania menjelaskan, kegiatan baksos ini dalam rangka kewaspadaan terhadap penyakit rabies, sehingga sebelum vaksinasi rabies harus dipastikan hewan dalam kondisi sehat dan tidak cacingan. Ia mengatakan, target pemeriksaan hari ini sebanyak 115 ekor dengan melibatkan 26 dokter hewan.

Perempuan yang akrab disapa Afi ini mengatakan, meski Kabupaten Boyolali merupakan daerah bebas rabies, namun kasus gigitan kucing dan anjing cukup banyak sehingga perlu diwaspadai akan penularan penyakit rabies. Pada pemeriksaan kali ini, anjing dan kucing diberikan vitamin dan obat cacing untuk menjaga imunitas agar vaksinasi rabies dapat terserap dengan baik.

"Jadi kita perlu waspada, perlu ada upaya untuk pencegahan masuknya tertular penyakit itu ke daerah kami, Kabupaten Boyolali," ujarnya dikutip dari laman resmi Pemkab Boyolali, Selasa.

Sementara itu, Ketua PDHI Jawa Tengah Cabang IV, Anastacia Arysthia berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa mengedukasi masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan hewan demi kesehatan pemiliknya sendiri. Ia juga mengungkapkan apresiasinya karena seluruh hewan peliharaan yang diperiksa tidak ada yang berpenyakit berat dan kesadaran masyarakat akan kesehatan hewan cukup tinggi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut