get app
inews
Aa Read Next : GOR Bung Karno Sukoharjo dengan Investasi Sebesar Rp 55,855 Miliar Telah Diresmikan

Ketua DPR RI Kunjungi Sentra Produksi Pengrajin Tembaga dan Kuningan di Boyolali

Sabtu, 13 Januari 2024 | 20:15 WIB
header img
Ketua Dewan DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

BOYOLALI, iNewsJatenginfo.id - Ketua Dewan DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di ke Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). Puan Maharani didampingi Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, Bupati Boyolali M. Said Hidayat, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Bupati Klaten Sri Mulyani, dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengunjungi salah satu sentra produksi kerajinan tembaga dan kuningan di Desa Tumang, Kecamtan Cepogo, David Art Gallery.

Pada kesempatan itu, Puan Maharani melihat secara langsung proses produksi kerajinan tembaga. Ia meminta kepada Bupati Said untuk membantu agar sentra UMKM tersebut bisa terus berjalan dan regenerasi dengan mengadakan pelatihan.

"Ternyata penduduk di sini ini menurut Pak Kades ada hampir 9.300 orang, yang mana yang a menjadi pengusaha kerajinan ini kurang lebih 200, dan yang melakukan kegiatan nempa, ngukir, dan berusaha terkait dengan tembaga dan kuningan ini kurang lebih seribuan orang," ungkapnya dikutip dari laman resmi Pemkab Boyolali, Sabtu.

"Dibantu terkait dengan pelatihan dan bagaimana kemudian membuat desain-desain itu lebih baik dan modern,” ujarnya.

Pihaknya juga menyinggung akan lebih baik jika kedepannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali bisa membentuk SMK yang nantinya akan difokuskan untuk pengembangan seluruh UMKM yang ada di Kota Susu.

"Apakah kedepannya kita bisa sama-sama membangun satu SMK yang bukan hanya khusus terkait dengan pelatihan menempa kuningan dan tembaga tapi terkait dengan UMKM yang ada di Boyolali." katanya.

Usai dari sentra produksi kerajinan tembaga di Tumang, orang nomor satu di Senayan itu melanjutkan kunjungannya ke Cepogo Cheese Park Boyolali.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut