get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Terima Berbagai Penghargaan, Diantaranya Pertumbuhan Ekonomi

Program SPAM Pemprov Jateng Buat 60 KK Desa Sambi Dhuwur Sragen Bisa Nikmati Air Bersih

Minggu, 07 Januari 2024 | 00:20 WIB
header img
Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau hasil pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Sambi Dhuwur, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Kamis (4/1/2024). Foto: jatengprov.go.id

SRAGEN, iNewsJatenginfo.id - Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau hasil pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Sambi Dhuwur, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Kamis (4/1/2024). Program penyediaan air bersih yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai menuai hasil.

Menurut Nana, dari SPAM itu, sebanyak 60 kepala keluarga (KK) di desa tersebut bisa menikmati air bersih. Sebab, sebelum adanya SPAM, warga sekitar mendapat air bersih dengan mengambil dari sendang yang jaraknya sekitar dua kilometer.

Dikatakan, pembangunan SPAM di Desa Sambi Dhuwur didanai dari APBD Provinsi Jateng sebesar Rp412 juta. Pembangunan itu menjadi salah satu upaya mengintervensi percepatan pengentasan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem, melalui penyediaan air bersih.

“SPAM ini kita carikan tempat-tempat yang memang ada sumber airnya. Saat ini bisa digunakan oleh 60 KK, dan rencananya ke depan akan ditambah lagi jadi sampai 200 KK,” jelas Nana dikutip dari jatengprov.go.id.

Dalam tinjauannya, Nana juga memastikan air SPAM sudah melalui uji laboratorium dan layak dikonsumsi. Dia juga melakukan pengecekan langsung ke rumah warga, untuk memastikan air yang mengalir benar-benar bersih.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut