get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Terima Berbagai Penghargaan, Diantaranya Pertumbuhan Ekonomi

Nana Sudjana Sebut Pertumbuhan Ekonomi di Jateng Capai 5,07% dan Masih Berpotensi Meningkat

Rabu, 08 November 2023 | 23:37 WIB
header img
Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah secara komulatif pada triwulan III tahun 2023 mencapai 5,07%. Pertumbuhan itu dinilai masih berpotensi meningkat hingga akhir tahun nanti. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah secara komulatif pada triwulan III tahun 2023 mencapai 5,07%. Pertumbuhan itu dinilai masih berpotensi meningkat hingga akhir tahun nanti. 

Menurut Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana pertumbuhan ekonomi tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya 5,05%. “Alhamdulillah di triwulan III tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah berada di posisi 5,07%. Ini di atas rata-rata nasional. Tentu ini satu hal yang sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah,” kata Nana di Semarang, Rabu (8/11/2023).

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS Jateng, pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah menunjukkan statistik tertinggi dibandingkan dengan provinsi besar di Pulau Jawa, atau tertinggi kedua secara keseluruhan di Pulau Jawa pada triwulan III.

Tercatat pertumbuhan ekonomi c-to-c triwulan III provinsi DKI Jakarta yaitu 5,00%, Jawa Barat 4,94%, dan Jawa Timur 5,02%. Dua provinsi lain yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat pertumbuhan ekonomi c-to-c sebesar 5,14% dan Banten pada angka 4,80%.

Sumber pertumbuhan tertinggi pada triwulan III ini ada pada sektor industri pengolahan yaitu 1,43%, lalu  diikuti sektor perdagangan 0,86%, konstruksi 0,47%, transportasi 0,29%, dan pertanian 0,27%. “Ke depan tentunya kita akan berusaha untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi ini. Tentunya dengan beberapa langkah strategis yang harus kami lakukan,” jelas Nana Sudjana.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut