get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Potensi Dikendalikan Jokowi, Pengamat Politik: Sudah 'Berinvestasi' Kemenangan

Jokowi Kenakan Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng di Upacara HUT ke-78 RI, Ini Filosofinya

Kamis, 17 Agustus 2023 | 10:21 WIB
header img
Presiden Jokowi Kenakan Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng, Biasa Dipakai Raja Pakubuwono.

SURAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng yang dipakai Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara HUT ke 78 RI di Istana, Kamis (17/8) memiliki makna dan filosofi yang tak lepas dari sejarah kerajaan Mataram.

Busana tradisional tidak hanya mewakili identitas budaya suatu daerah, tetapi juga mencerminkan kedudukan dan keagungan para pemimpin. Salah satu contoh busana tradisional yang kaya dengan nilai sejarah dan budaya yakni Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Makna dan Filosofi Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng

Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng merupakan busana tradisional Jawa yang biasa dipakai oleh Raja Pakubuwono, pemimpin kerajaan Mataram di Jawa Tengah. Busana ini menggambarkan tingkat kebangsawanan dan kedudukan yang tinggi. Nama "Ageman" merujuk pada pakaian yang dikenakan oleh pangeran atau bangsawan, sedangkan "Singkepan Ageng" mengacu pada bentuk kerah besar yang menjadi ciri khas busana ini.

Baju Ageman Songkok Singkepan Ageng memiliki akar sejarah yang panjang dalam budaya Jawa dan dipercayai memiliki pengaruh dari berbagai elemen budaya lokal serta internasional.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut