get app
inews
Aa Read Next : Bupati Sragen Minta Masyarakat Waspada Penipuan yang Catut Namanya

Festival Benawi Sonten Meriah, Wujud Aktualisasi Tradisi Sekitaran Bengawan Solo

Selasa, 08 Agustus 2023 | 18:52 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti (AWP). Foto: Ist

SRAGEN, iNewsJatenginfo.id - Dalam rangkaian acara Festival Benawi Sonten, yang digelar di pendapa alit kompleks Makam Butuh, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh, Sragen, Selasa (8/8/2023) ribuan warga Sragen ramai-ramai berebut gunungan sayuran. 

Festival tersebut bertujuan untuk menjaga tradisi lisan dan kearifan lokal yang berkembang di seputaran Bengawan Solo. Festival ini akan digelar selama beberapa hari ke depan.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati membuka festival tersebut yang merupakan hasil kerjasama Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementrian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan yang pasti Pemkab Sragen.

Hadir dalam festival tersebut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti (AWP), perwakilan Keraton Surakarta, Gusti Moeng serta Caleg PDIP DPRD Provinsi Jawa Tengah, Wulan Purnamasari.

Sejumlah gunungan berisi sayur mayur hasil bumi yang diperebutkan warga ditampilkan. Tidak hanya itu, ada juga festival yang dihiasi 'perang' air warna warni.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut