get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Nobar di Simpanglima, Dukung Timnas Indonesia hadapi Irak

Waspada! Sepekan ke Depan 25 Wilayah di Indonesia Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Kamis, 23 Februari 2023 | 10:33 WIB
header img
Ilustrasi. Doc: Antara

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat di 25 wilayah Indonesia selama sepekan ke depan, atau hingga 28 Februari 2023 mendatang.

BMKG mengatakan, peringatan dini ini setelah dilakukan monitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, yang menunjukkan signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang mendukung pembentukan awan hujan lebih intensif dalam beberapa waktu kedepan, di antaranya aktivitas Monsoon Asia yang menguat,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan resminya, Kamis (23/2/2023).

Selain itu, kata Guswanti ada indikasi aktifnya seruakan dingin dari Asia serta adanya pusat tekanan rendah di Perairan Barat Australia dan pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

“Kemudian membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan,” jelasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut