Logo Network
Network

Jokowi Sempat Curhat Istikhorohnya di Awal Pandemi untuk Tidak Menerapkan Kebijakan Lockdown

M Wali
.
Jum'at, 27 Januari 2023 | 13:58 WIB
Jokowi Sempat Curhat Istikhorohnya di Awal Pandemi untuk Tidak Menerapkan Kebijakan Lockdown
Presiden RI Joko Widodo. Foto: IST

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) curhat tentang istikhorohnya ketika diawal pandemi Covid-19 melanda. Dikatakannya, Indonesia bisa rusuh jikalau dirinya saat itu memutuskan untuk menerapkan lockdown.

Ia mengaku bahwa jika saat itu benar-benar diterapkan lockdown, masyarakat akan tertutup sama sekali peluang untuk mencari nafkah.

"Coba saat itu misalnya kita putuskan lockdown. Hitungan saya dalam dua atau tiga minggu, rakyat sudah enggak bisa, enggak memiliki peluang yang kecil untuk mencari nafkah. Semuanya ditutup, negara tidak bisa memberikan bantuan kepada rakyat, apa yang terjadi? Rakyat pasti rusuh," kata Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transisi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) di Gedung AA Maramis kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, (26/1/2023).

Presiden mengaku bahwa potensi kerusuhan akibat tekanan keadaan tersebut menjadi salah satu pertimbangan bagi dirinya dan jajaran pemerintah apakah akan menerapkan lockdown untuk pola penanganan pandemi COVID-19. 

"Saya semedi tiga hari untuk memutuskan apa ini, apakah kita harus lockdown atau tidak," ujar Jokowi sembari berkelakar. 

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa sebetulnya mayoritas menteri Kabinet Indonesia Maju pada masa awal pandemi COVID-19 menyarankan untuk penerapan lockdown.

Sikap tersebut bisa dipahami Presiden Jokowi berdasarkan tren pola antisipasi pandemi COVID-19 di beberapa negara lain.

"Pada saat memutuskan lockdown atau enggak lockdown, rapat menteri 80 persen (bilang) 'Pak lockdown', karena semua negara memang melakukan itu," katanya.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini