get app
inews
Aa Read Next : 8 Burung Peliharaan Seharga Jutaan Rupiah di Perumahan Salatiga Raib di Curi

Burung Bertengger di Kabel Listrik Tapi Tidak Kesetrum? Ini Jawabannya

Sabtu, 07 Januari 2023 | 10:50 WIB
header img
Ilustrasi kawanan burung bertengger di kabel listrik (FOTO: iNews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Hampir setiap hari kita jumpai pemandangan burung yang bertengger di bentangan kabel listrik. Namun pernahkah terpikir, kenapa burung tersebut tidak kesetrum? Sedangkan manusia saja justru sebisa mungkin menghindari area tersebut.

Iya, burung biasanya datang bergerombol dan bertengger di kabel listrik, tapi nampak biasa-biasa saja seperti kabel tidak teraliri medan listrik, sedangkan kita tahu kabel tersebut mempunyai tegangan listrik yang sangat tinggi.

Akhirnya menjadi rasa penasaran, tentu fenomena tersebut ada penjelasan ilmiahnya. Seperti apa? Mari kita simak penjelasan berikut ini! 

Dikutip dari buku Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia, alasan mengapa burung yang bertengger di kabel listrik tidak pernah tersengat yaitu dikarenakan kakinya tidak menyentuh kabel netral atau ground (tanah). Untuk itu tidak menyebabkan terjadinya perubahan pada tegangan listrik kabel tersebut.

Maka dari itu, ketika kawanan burung bertengger di kabel listrik mereka tidak ada aliran listrik melewati tubuh burung ataupun tupai, sehingga terhindar dari sengatan.

Akan tetapi, bisa saja burung tersengat listrik saat sedang bertengger di kabel tersebut, yaitu apabila terjadi perbedaan tegangan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut