get app
inews
Aa Read Next : Menkes Budi Sebut Puncak Gelombang Covid-19 di Indonesia Sudah Tiba

Menkes Siapkan Vaksin HPV, Tekan Tingginya Angka Kematian Akibat Kanker Serviks

Kamis, 15 Desember 2022 | 12:34 WIB
header img
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tengah menyiapkan vaksin human papillomavirus (HPV) untuk menekan tingginya angka kematian akibat kanker serviks. Pasalnya, kanker serviks merupakan jenis kanker penyebab kematian tertinggi nomor dua di Indonesia. Selain itu, beban biaya pengobatan untuk jenis kanker ini juga tergolong besar.

Berdasarkan data Globocan tahun 2021, terdapat 36.633 kasus kanker serviks di Indonesia dengan angka kematian yang terus meningkat. Penyebabnya beragam mulai dari keturunan, lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat serta virus.

“Kanker telah membunuh lebih dari 200.000 orang di Indonesia, mayoritas karena belum mendapatkan perawatan yang memadai dan deteksi dini yang masih rendah,” kata Budi di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Kendati demikian, Budi menegaskan bahwa kanker serviks dapat dicegah. Salah satunya dengan apa yang tengah disiapkannya ini, yaitu pemberian imunisasi human papillomavirus (HPV) utamanya diberikan kepada anak-anak.

Program pemberian imunisasi HPV sendiri telah menjadi 1 dari 14 imunisasi dasar lengkap pada anak. Hal ini didukung dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/6779/2021 tentang Program Introduksi Imunisasi Human Papillomavirus Vaccine Tahun 2022-2024.

“Kita bisa mengeliminasi virus kanker ini, caranya dengan meningkatkan cakupan imunisasi HPV di setiap kota sehingga kita bisa mengurangi angka kematian dan pembiayaan akibat dari kanker,” ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut