get app
inews
Aa Read Next : Sabtu Pagi ini Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Asap Putih dan Lava Pijar

Tolak Dievakuasi, Penghuni Pesantren di Lumajang Siap Ditindak Tegas Polisi

Rabu, 07 Desember 2022 | 14:12 WIB
header img
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Barokah Al Hidayah, Nur Kholis, menjelaskan alasan pihaknya menolak dievakuasi oleh tim SAR ketika erupsi Gunung Semeru. Foto : Saif Hajarani/MPI

LUMAJANG, iNewsJatenginfo.id – Penghuni Pondok Pesantren Nuruk Barokah Hidayah di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo Lumajang bersikukuh tidak mau mengungsi ke tempat aman. Karenanya Polres Lumajang akan menindak tegas dengan upaya evakuasi paksa.

Sebagai informasi, di pesantren tersebut terdapat 16 penghuni, satu pengasuh pondok dan 15 sisanya adalah santri. Pondok pesantren tersebut berada di zona merah kawasan rawan bencana Gunung Semeru.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka menyatakan, sebelumnya tokoh agama atau pimpinan ponpes dengan 15 orang santrinya telah diedukasi dan diberikan imbauan secara persuasif. Namun, mereka bersikukuh tinggal, meski kawasan ponpes itu masuk zona merah dan harus steril selama Gunung Semeru erupsi.

"Kemarin sudah dirayu oleh forkopimca, kapolsek, camat. Kami upayakan bergeser karena ada faktor bahaya yang harus kita hindari. Kami akan terus berupaya, karena takutnya ada APG (awan panas guguran) susulan," kata Dewa Putu Eka, Rabu (7/12/2022).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut